Berkolaborasi dengan IPB University, BRI Resmikan Balai Rakyat Indonesia

Berkolaborasi dengan IPB University, BRI Resmikan Balai Rakyat Indonesia

Terkini | sindonews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 19:41
share

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus memperkuat komitmen dalam program pemberdayaan masyarakat. Terbaru, BRI melalui Yayasan Baitul Maal BRILiaN (YBM BRILiaN) dan IPB University, melalui Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim, meresmikan Balai Rakyat Indonesia di Agribusiness and Technology Park IPB, Dramaga, Bogor pada Selasa (17/10/2024).

Diresmikan secara simbolis oleh Direktur Utama BRI sekaligus Ketua Badan Pembina YBM BRILiaN Sunarso bersama Rektor IPB University Prof. Arif Satria, Balai Rakyat Indonesia merupakan bangunan serbaguna yang didirikan dan dikelola bersama masyarakat yang mendukung aktivitas pendidikan dan sosial masyarakat sehingga ke depannya dapat menjadi sentra pemberdayaan yang berkelanjutan.

Pembangunan Balai Rakyat Indonesia ini merupakan salah satu dari tiga kerja sama yang dijalin antara YBM BRILiaN dan IPB, selain Program Peningkatan Kapasitas Fasilitator dan Pengembangan Ekosistem Desa Binaan YBM BRILiaN serta Pengembangan Program Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Berbasis Market Driven.

Berkolaborasi dengan IPB University, BRI Resmikan Balai Rakyat Indonesia

Sunarso mengungkapkan inisiatif ini dirancang sebagai Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) yang akan berfungsi sebagai ruang bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi ekonomi lokal, khususnya di sekitar kampus IPB.

“Dengan adanya Balai Rakyat Indonesia ini, kita harap masyarakat desa dapat semakin berdaya, mandiri, dan mampu berkontribusi pada ekonomi lokal,” ujar Sunarso.

Prof. Arif Satria mengapresiasi BRI dan YBM BRILiaN yang senantiasa mendukung IPB, terutama dalam pengembangan ekonomi dan sosial masyarakat desa yang berkelanjutan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut SEVP BRI sekaligus Badan Pengawas YBM BRILiaN Achmad Royadi, M. Candra Utama, dan Aestika Oryza Gunarto serta Ketua Pengurus YBM BRILiaN M. Dadang Permana KF. Dari pihak IPB turut hadir di antaranya Prof. Deni Noviana, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB); Alim Setiawan Slamet, Wakil Rektor Bidang Resiliensi Sumberdaya dan Infrastruktur IPB; Prof. Ernan Rustiadi, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim IPB; Prof. Iskandar Z. Siregar, Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni IPB; dan Handian Purwawangsa, Direktur Pengembangan Masyarakat Agromaritim IPB.

Topik Menarik