Harimau Tazmania Siap Dihidupkan Lagi dengan Inovasi Genom

Harimau Tazmania Siap Dihidupkan Lagi dengan Inovasi Genom

Teknologi | sindonews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 22:39
share

Harimau Tasmania, predator puncak berkantung, telah punah hampir seabad lalu siap dihidupkan kembali melalui pengurutan genom dalam proses yang mirip film fiksi Jurassic Park .

BACA JUGA - Bertaring Panjang, Inilah Wujud Seram Leluhur Harimau Jawa

Genom karnivora telah direkonstruksi dengan akurasi 99,9, terobosan terbaru dalam proyek 'de-extinction' yang telah berlangsung bertahun-tahun.

Di balik tugas besar ini (maaf atas permainan katanya) adalah Colossal Biosciences, sebuah firma yang berpusat di Texas yang juga sedang dalam proses menghidupkan kembali mammoth berbulu dan burung dodo, burung yang tidak bisa terbang yang juga telah punah lebih dari satu abad yang lalu.

Harimau Tasmania atau harimau Tasmania menjelajahi hutan Tasmania di Australia, yang menjadi asal namanya.

Pernah menjadi mata rantai penting dalam ekosistem Tasmania, mereka secara resmi punah pada tahun 1936 setelah hewan terakhir mati di Kebun Binatang Beaumaris di Hobart, Tasmania.

Colossal menggoda bahwa pembaruan besar akan segera hadir pada kebangkitan hewan, yang nama ilmiahnya adalah Thylacinus cynocephalus,

Kepala harimau Tasmania yang ditemukan dari toples di Australia masih memiliki molekul RNA, yang sangat penting untuk membangun kembali genom. Dengan menggunakan sampel dari kepala, sebagian besar DNA hewan tersebut telah diurutkan bersama dengan untaian RNA.

Itu benar-benar sebuah keajaiban, menurut para ilmuwan yang terlibat dalam proyek tersebut yang berbicara kepada media.

"Ini adalah keajaiban yang terjadi pada spesimen ini. Saya tercengang," kata Prof Andrew Pask, kepala laboratorium penelitian restorasi genetik terpadu harimau Tasmania atau Tigrr di Universitas Melbourne.

"Itu benar-benar kepala di dalam ember etanol di bagian belakang lemari yang baru saja dibuang di sana dengan semua kulitnya dibuang, dan telah berada di sana selama sekitar 110 tahun," kata Pask seperti dikutip The Guardian.

"Itu sangat busuk, pemandangan yang benar-benar mengerikan. Orang-orang telah memotong-motongnya menjadi potongan-potongan besar." tambah Pask.

DNA adalah materi genetik yang merupakan blok pembangun dasar kehidupan. Genom adalah satu set lengkap DNA yang memberikan karakteristik unik pada setiap organisme. Genom mengandung informasi kimia untuk perkembangan, pertumbuhan, dan fungsi makhluk hidup.

Seperti yang dikatakan Pesk, genom menyediakan 'cetak biru lengkap untuk menghidupkan kembali spesies ini'.

Mendapatkan pengurutan genom lengkap dengan kualitas sangat tinggi merupakan bantuan besar bagi upaya menghidupkan kembali spesies yang punah.

Topik Menarik