Musisi Legendaris akan Meriahkan Malam Puncak Hari Santri 2024

Musisi Legendaris akan Meriahkan Malam Puncak Hari Santri 2024

Terkini | sindonews | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 11:00
share

Malam puncak peringatan Hari Santri 2024 akan digelar di Ciputra Artpreneur Jakarta Selatan, (21/10/2024). Acara penutup peringatan Hari Santri 2024 ini akan menampilkan musisi legendaris Sam Bimbo dan sejumlah penampil lainnya.

Di antaraya Fadly (Padi), Wafiq Azizah, Humayra Syifa, Husain Alatas, Anisa Rahman, Veve Zulfikar, dan Sastro Adi. Iringan musiknya akan dibawakan oleh NU Light Orchestra.

Selain penampilan para musisi, digelar pula beragam kegiatan lainnya. Di antaranya pameran foto dan video untuk santri dan pesantren, serta pemberian hadiah bagi para pemenang lomba yang digelar dalam rangkaian Hari Santri 2024.

Baca juga: Hari Santri 2024, Gerakan Penanaman Pohon Digalakkan untuk 41.000 Pesantren

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Basnang Said mengatakan, peringatan hari santri bukan sekedar seremoni belaka, tetapi penegasan bahwa pesantren telah memasuki era baru yang lebih rekognitif dan diafirmasi penuh oleh pemerintah.

"UU Pesantren telah membawa perubahan besar pada pendidikan di Indonesia, di mana pesantren mendapat pengakuan sebagai lembaga pendidikan yang sah dalam sistem pendidikan nasional. Ini menjadi kekayaan bagi negara, karena pesantren memiliki sumber daya manusia yang berkualitas," katanya di Jakarta (19/10/2024).

Baca juga: Optimalkan Kemandirian Ponpes, Kemenag Akan Inisiasi Economy Hub PesantrenDirektur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Abu Rokhmad meminta pihak pesantren menyikapi era baru pesantren ini secara positif. "Peringatan ini wujud penghargaan pemerintah atas kontribusi pesantren dalam pendidikan bangsa selama ini. Tetapi juga menjadi tanggungjawab pesantren menciptakan generasi bangsa yang makin berkualitas, setelah afirmasi yang diberikan pemerintah," katanya.

Hari santri, lanjut Abu Rokhmad, adalah peneguhan bersama agar negara senantiasa mengayomi seluruh entitas masyarakat, terutama yang berjasa besar dalam proses pencerdasan bangsa. "Di negara yang heterogen seperti Indonesia, peran pesantren yang tenang dan inklusif sangat berkontribusi pada kemajuan bangsa.

Santri dalam pengertian luas adalah muslim yang memiliki basis pengetahuan memadai dan memiliki cara berfikir terbuka dan menebarkan ajaran Islam dalam mewujudkan kedamaian di tengah-tengah kehidupan.

"Santri itu bukan hanya mereka yang mondok, tetapi umat Islam yang memiliki basis keilmuan memadai dan memiliki daya pikir terbuka serta menyebarkan agama Islam dalam rangka mendamaikan dan menjadi rahmatan lil alamin. Mereka adalah generasi yang cinta Tanah aAr dengan berlandaskan agama" pungkasnya.

Rangkaian acara Hari Santri 2024 akan ditutup dengan Apel Hari Santri yang mengambil tempat di Tugu Proklamasi, Jl. Proklamasi No.10 Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat (22/10/2024). Menurut rencana, akan hadir sebagai pembina upacara Presiden Prabowo Subianto.

Topik Menarik