Presiden Prabowo Bertekad Indonesia Swasembada Pangan: Paling Lambat 4 sampai 5 Tahun

Presiden Prabowo Bertekad Indonesia Swasembada Pangan: Paling Lambat 4 sampai 5 Tahun

Nasional | sindonews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 12:01
share

Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto bertekad mewujudkan swasmbada pangan di Indonesia. Bahkan, ia meyakini, Indonesia akan mencapai swasembada pangan dalam kurun waktu 4 hingga 5 tahun ke depan.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam pidato perdananya sebagai Presiden RI di Sidang Paripurna MPR, Minggu (20/10/2024). Pernyataan itu bermula kala Prabowo mengaku telah mencanangkan swasembada pangan di Indonesia dalam waktu singkat.

"Saudara-saudara sekalian, saya telah mencanangkan bahwa Indonesia harus segera swasembada pangan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," ujar Prabowo.

Prabowo menyatakan, Indonesia tidak boleh tergantung sumber makanan dari luar, bahkan dalam kondisi krisis dan genting. "Tidak ada yang akan mengizinkan barang-barang mereka untuk kita beli," ucap Prabowo.

"Karena itu tidak ada jalan lain dalam waktu yang sesingkat-singkatnya kita harus mencapai ketahanan pangan," tegasnya yang langsung disambut tepuk tangan para peserta sidang paripurna.

Prabowo menyatakan, Indonesia harus mampu memenuhi dan memproduksi kebutuhan pangan dalam negeri. Ia telah mengkaji, Indonesia bisa swasmbada pangan bahkan lumbung pangan dunia dalam satu periode ke depan.

Baca juga: Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029

"Saya sudah mempelajari bersama para pakar yang membantu saya, saya yakin paling lambat 4 sampai 5 tahun kita akan swasembada pangan, bahkan kita siap menjadi lumbung pangan dunia," ujar Prabowo seraya disambut tepuk tangan.

Topik Menarik