Alumnus Poltekkes Kemenkes Surakarta Berbagi Pengalaman Kerja di Luar Negeri

Alumnus Poltekkes Kemenkes Surakarta Berbagi Pengalaman Kerja di Luar Negeri

Terkini | sleman.inews.id | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 22:10
share

SOLO, iNewsSleman.id - Alumnus Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Surakarta berbagi pengalaman bekerja di luar negeri. Hal itu disampaikan ketika prosesi wisuda yang digelar di Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Rabu (23/10/2024). 

Berbagi pengalaman disampaikan alumnus Poltekkes Kemenkes Surakarta bernama Ayu Cahya yang telah bekerja di Jerman. Dia kini bekerja sebagai perawat dalam proses penyetaraan di Privatstation des Sana Klinikum Hameln-Pyrmmont (Bangsal Isolasi RS Sana Group di Hameln-Pyrmont Jerman).

Dia bisa bekerja di luar negeri melalui program Triple Win atau G to G Jerman. Ayu Cahya merupakan peserta jalur fast track, sehingga tidak perlu mengikuti program kursus bahasa Jerman. 

Ayu menyampaikan bahwa program G to G Jerman juga memfasilitasi pelatihan bahasa Jerman hingga keberangkatan ke Jerman. Dirinya mengikuti program ini karena program G to G merupakan program resmi dari pemerintah sehingga aman. 
"Motivasi saya kerja di Jerman adalah karena sistem kesehatan di sana yang sangat bagus, gaji perawat yang tinggi. Worklife balance di Jerman juga sangat bagus, dan peluang ini terbuka untuk freshgraduate," kata Ayu melalui tayangan video. 

Cerita lainnya disampaikan Bagus Muhammad Iqbal, alumni tahun 2022 yang saat ini bekerja sebagai care worker di Jepang. Dia berbagi pengalaman bagaimana orang-orang di Jepang bekerja sangat disiplin. 

 

"Mengenai pekerjaan di Jepang, di sini orang-orang bekerja sangat disiplin. Hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi teman-teman untuk lebih disiplin dan memanajemen waktu dengan baik. Masih banyak hal lagi yang akan teman-teman dapatkan jika dapat bekerja di Jepang," kata Bagus. 

Bagus menyampaikan alasan memilih Jepang. Sebab negara Sakura itu merupakan negara impiannnya untuk dikunjungi. Dirinya merasa bersyukur karena impiannya bisa terwujud melalui porgram G to G Jepang. 

Sedangkan di Timur Tengah, terdapat alumni Poltekkes Kemenkes Surakarta, Dina Okta Pawitrasari yang mengambil profesi Kebidanan tahun 2022. Dina saat ini sedang bekerja di Rumah Sakit Pemerintah Arab Saudi. Tepatnya di provinsi Al Qassim dengan penempatan di Maternity and Children Hospital Buraidah, Al Qassim di Departemen Delivery Room atau persalinan.

Dia dapat bekerja di luar negeri melalui agensi, yaitu PT Binawan yang telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Di agensi tersebut, dia mendapatkan pelatihan bahasa dan persiapan ujian kompetensi penyetaraan tenaga kesehatan di Saudi. Saat ini dia telah terkualifikasi kompeten.

Topik Menarik