KAI Daop 8 Surabaya Angkut 2 Juta Ton Barang di Triwulan 3 Tahun 2024

KAI Daop 8 Surabaya Angkut 2 Juta Ton Barang di Triwulan 3 Tahun 2024

Terkini | surabaya.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 12:39
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatatkan kinerja positif pada angkutan barang selama periode Januari hingga September 2024. KAI Daop 8 Surabaya telah mengangkut 2.117.543 ton barang dari wilayah Daop 8 Surabaya.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, menjelaskan bahwa layanan angkutan barang KAI di tahun 2024 meningkat 16 dibanding periode yang sama pada tahun 2023, yang tercatat 1.832.138 ton barang.

"Pertumbuhan volume angkutan barang ini menunjukkan tingkat kepercayaan para pelanggan yang tidak hanya mengetahui kereta api sebagai transportasi penumpang, namun juga melayani angkutan barang yang menjamin keselamatan dan ketepatan waktu," ucap Luqman Arif.

Luqman Arif menjelaskan, bahwa angkutan barang di KAI Daop 8 Surabaya terdiri dari angkutan BBM, angkutan barang retail, dan angkutan barang petikemas. Setiap hari terdapat 15 keberangkatan KA barang di Daop 8 Surabaya dengan berbagai relasi.

Salahsatu faktor yang menciptakan meningkatnya layanan angkutan barang di KAI Daop 8 Surabaya, yakni tingkat ketepatan waktu perjalanan KA angkutan barang. Pada triwulan 3 tahun 2024 ini, tingkat ketepatan waktu keberangkatan KA barang mencapai 98,09 persen, dan ketepatan waktu kedatangan mencapai 87,32 persen.

“Perbaikan performa ketepatan waktu kereta api ini diraih melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan termasuk perawatan sarana dan prasarana. Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh para pelanggan termasuk pengusaha komoditas,” jelas Luqman Arif.

Topik Menarik