Tim Pegmas FEB Unair Dorong Kaum Hawa Berdaya Secara Ekonomi

Tim Pegmas FEB Unair Dorong Kaum Hawa Berdaya Secara Ekonomi

Berita Utama | surabaya.inews.id | Selasa, 8 Oktober 2024 - 14:00
share

KULONPROGO, iNewsSurabaya.id -  Departemen Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair) berkomitmen untuk membantu masyarakat dalam program Pengabdian Masyarakat, Dusun Nglambur, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Jogjakarta.

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pada kelompok pengajian Kampung Mandiri selama 2 hari, yaitu pada Minggu (5/10/2024) dan Senin (6/10/2024). Pendampingan ini dilakukan kepada ibu-ibu yang merupakan madrasah utama dan diharapkan dapat membantu menopang perekonomian keluarga. 

Kelompok pengajian ini tidak hanya melakukan aktifitas keagamaan pengajian setiap hari Jumat, tetapi juga memiliki usaha pembuatan keripik talas “yo tumbas” serta kopi menoreh “yo tumbas”. 

Muhammad Said Faturrahman, SE., M.Si. dosen Unair yang sekaligus pemateri pegmas mengatakan, edukasi terhadap pengelolaan keuangan keluarga sengaja diberikan lantaran uang yang dikelola oleh ibu rumah tangga untuk mencukupi kebutuhan keluarga  terkadang tidak cukup, sehingga sebagian besar ibu rumah tangga tersebut terlilit utang. 

"Pada kesempatan ini kami memberikan edukasi terkait pentingnya cermat dalam berhutang terutama bila hutang konsumtif,” ujarnya.

Pada kegiatan abdi desa tersebut, tim pegmas FEB Unair berdiskusi terkait bijak berhutang bersama dengan 30 anggota pengajian Kelompok Mandiri. Kemudian dilanjutkan dengan pemecahan solusi mengembangkan pasar produk kopi dan kripik talas yang saat ini sedang membutuhkan alat roasting serta mesin pemotong talas. 

Pengenalan sarana wakaf untuk pengadaan kedua mesin tersebut merupakan alternatif pengadaan alat yang bisa diupayakan. Pengabdian masyarakat ini juga bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri.

Menutur Dr. Dina Fitrisia Septiarini, SE., MM., Ak., jiwa kewirausahaan yang sudah terpupuk dapat ditingkatkan dengan peningkatan kualitas produk agar masyarakat dapat lebih berdaya secara ekonomi. Sehingga bisa menopang kebutuhan rumah tangga, serta menambah pendapatan dan mulai dapat terbebas dari hutang.

"Kami berharap mereka memulai melakukan investasi untuk kebutuhan hidup dimasa yang akan datang,” jelasnya.

Ke depan, tim Pengabdian Masyarakat FEB Unair terus melakukan pendampingan yang berkelanjutan dan berkesinambungan, sehingga masyarakat Pengajian Kelompok Mandiri mampu mengelola keuangan keluarga dengan lebih baik serta meningkatkan omzet penjualan produk yang dihasilkannya. 

Kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung meriah dengan ice breaking dan games games seru yang berhadiah sembako. Masyarakat antusias menjawab pertanyaan moderator terkait pengetahuan sosial maupun politik dan ekonomi. Dengan berdaya nya kaum wanita diharapkan dapat membantu meggerakan perekonomian masyarakat dusun Nglambur, Kabupaten Kulonprogo

Topik Menarik