CIMB Niaga Gelar Rangkaian Acara The Cooler Earth Sustainability Series 2024

CIMB Niaga Gelar Rangkaian Acara The Cooler Earth Sustainability Series 2024

Ekonomi | tangsel.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 22:40
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan The Cooler Earth (TCE) Sustainability Series 2024 di Graha CIMB Niaga dan Energy Building Jakarta pada Rabu-Jumat, 2-4 Oktober 2024. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-69 CIMB Niaga dan merupakan kelanjutan dari TCE Sustainability Summit yang diinisiasi oleh CIMB Group sejak 2019. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong komitmen dan tindakan kolektif dalam menciptakan masyarakat yang bertanggung jawab dan lingkungan yang lebih layak huni.

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga, Fransiska Oei, menyampaikan bahwa tahun ini TCE Sustainability Series dirancang dengan format yang berbeda dan menghadirkan berbagai kegiatan, mulai dari pameran, pertemuan media, hingga pembelajaran pengalaman dengan tema #SekarangUntukMasaDepan. Sejak awal 2024, CIMB Niaga juga telah mengadakan TCE Sustainability Series di 17 kota di Indonesia, termasuk Jakarta. Hal ini diharapkan dapat merangkul lebih banyak pihak seperti media, nasabah, karyawan, pelajar, komunitas, dan masyarakat dalam mewujudkan bumi yang lestari.

"Seperti yang kita rasakan, dampak pemanasan global kini semakin nyata, seperti kualitas udara yang buruk dan panas ekstrem yang membuat lingkungan tidak sehat. Kondisi ini tentu tidak kita harapkan, dan kita perlu mengambil langkah nyata untuk mengatasinya. Oleh karena itu, CIMB Niaga sebagai bank yang berkomitmen dan aktif dalam mengimplementasikan keberlanjutan, menyelenggarakan rangkaian acara ini untuk mengajak masyarakat luas menerapkan gaya hidup ramah lingkungan," kata Fransiska dalam Media Gathering TCE Sustainability Series 2024 di Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Fransiska menjelaskan bahwa gaya hidup ramah lingkungan dapat diterapkan oleh siapa saja dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menggunakan tumbler untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai atau membawa tas belanja untuk menghindari kantong plastik. Di tingkat perusahaan, penerapan keberlanjutan dapat dilakukan melalui digitalisasi, penggunaan panel surya sebagai sumber listrik, dan penerapan manajemen limbah.

Selain Fransiska, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Noviady Wahyudi, dan penyanyi serta aktivis gaya hidup berkelanjutan, Andien Aisyah, juga hadir sebagai pembicara. Untuk memudahkan nasabah menerapkan keberlanjutan dalam kegiatan perbankan, CIMB Niaga menyediakan berbagai produk bertema keberlanjutan di segmen Consumer Banking dan Business Banking, seperti Kartu Kredit Digital OCTO Card (kartu kredit tanpa kartu fisik) dan program One House One Tree yang mengalokasikan donasi satu pohon untuk setiap pembelian satu unit rumah. Sementara di segmen Business Banking, terdapat pembiayaan sustainability linked-loan (SLL) atau sustainable finance (SF) serta Giro Kartini, produk giro khusus untuk pengusaha wanita.

 

Konsistensi CIMB Niaga dalam mendorong praktik bisnis sesuai prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST) tercermin dari penyaluran pembiayaan berkelanjutan. Pada semester I 2024, hampir 26 dari total pembiayaan Bank (setara dengan Rp56,4 triliun) mendukung transisi menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Hal ini menunjukkan komitmen CIMB Niaga untuk tidak hanya mengejar profit, tetapi juga berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan bagi generasi mendatang.

Selain Media Gathering, dalam rangkaian acara TCE Sustainability Series, CIMB Niaga juga mengadakan Experiential Learning bekerja sama dengan Liberty Society untuk mengajak peserta mengolah limbah menjadi karya seni lukisan yang menarik. Acara ini juga dimeriahkan dengan pameran yang menampilkan pencapaian keberlanjutan CIMB Niaga, lelang gadget, serta pameran produk-produk keberlanjutan dari berbagai merchant seperti Ivan Gunawan (showcase), KAMI, Jarit Tenun, Six Scents, serta para pemenang Community Link CIMB Niaga, seperti Dit Reveille, Arthup, Sinergi Mahakarya, Mariqi Cake and Snack, Bolubbollo, Sendana Coffee, Lestallalfe, dan Istana Madu Balikpapan. Diharapkan rangkaian acara ini dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan secara konsisten.

Topik Menarik