Kemenhub: Usaha Keagenan Kapal Didorong Terus Wujudkan Kelancaran Arus Kapal dan Barang

Kemenhub: Usaha Keagenan Kapal Didorong Terus Wujudkan Kelancaran Arus Kapal dan Barang

Terkini | tangsel.inews.id | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 15:20
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Peran usaha keagenan kapal sangat penting dalam memastikan kelancaran arus barang/logistik dan penumpang, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Menjaga konektivitas melalui moda laut sangatlah penting, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan. Oleh karena itu, perusahaan anggota ISAA harus terus meningkatkan kompetensi mereka untuk mendukung bisnis maritim dan logistik di Indonesia sebagai negara kepulauan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hartanto, saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2024 dan perayaan HUT ke-8 Indonesia Shipping Agencies Association (ISAA) di Hotel Preanger, Bandung, pada 23-24 Oktober 2024.

Rakernas yang mengusung tema 'Sinergitas untuk Meningkatkan Usaha Keagenan Kapal yang Solid dan Profesional' ini dihadiri oleh pengurus wilayah ISAA dari seluruh Indonesia.

Hartanto menyatakan bahwa Kemenhub berkomitmen mendukung perkembangan usaha keagenan kapal di Indonesia. Oleh karena itu, sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan perlu terus ditingkatkan.

 

"Berdasarkan data Simlala, hingga saat ini terdapat 1.855 Surat Izin Usaha Perusahaan Keagenan Kapal (SIUPKK) yang telah diterbitkan oleh Kemenhub," ujarnya.

Namun, Hartanto juga mengingatkan agar perusahaan anggota ISAA tetap beroperasi secara profesional sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kami baru-baru ini juga telah membekukan sementara ribuan izin usaha perusahaan angkutan laut (SIUPAL) yang sudah tidak aktif. Jika hingga November 2024 tidak ada respons, kami akan mencabut izin SIUPAL tersebut," tambahnya.

Seluruh Pelabuhan

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum DPP ISAA, Aris Hartoyo, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menyukseskan Rakernas ISAA 2024.

"Rakernas ini bertujuan untuk mengevaluasi program kerja yang telah berjalan serta merumuskan program kerja berikutnya," ujarnya, Jumat (25/10/2024).

 

Aris menambahkan bahwa 1.855 SIUPKK yang telah diterbitkan oleh Ditjen Hubla Kemenhub mayoritas adalah anggota ISAA yang bertugas sebagai agen umum maupun agen pelabuhan.

"Kami berupaya agar ISAA hadir di seluruh pelabuhan Indonesia. Bahkan, kami juga akan meluncurkan situs web dan lembaga pelatihan sebagai bagian dari perayaan HUT kali ini," tutup Aris.

Topik Menarik