Belasan Ribu Santri Hadiri Peringati HSN 2024 Tingkat Kota Tasikmalaya di Stadion Wiradaha

Belasan Ribu Santri Hadiri Peringati HSN 2024 Tingkat Kota Tasikmalaya di Stadion Wiradaha

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Selasa, 22 Oktober 2024 - 11:40
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 tingkat Kota Tasikmalaya digelar di Stadion Wiradadaha, Kecamatan Cihideung, pada Selasa (22/10/2024) pagi.

Belasan ribu santri dari berbagai wilayah di Kota Tasikmalaya membanjiri Stadion Wiradaha, Kompleks Olahraga Dadaha, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, untuk mengikuti apel upacara peringatan HSN 2024.

Pantauan di lokasi, sejak pukul 06.30 WIB, para santri dari berbagai pondok pesantren (ponpes) itu sudah tiba di lokasi. Mereka tampak membawa berbagai bendera dan papa tulisan lengkap dengan nama ponpesnya masing masing. 

Tak lupa, mereka juga tampak membawa bendera merah putih pada acara apel upacara peringatan HSN 2024 tersebut. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya, Agus Buhori, S. Ag,. M.Pd. bertindak sebagai pembina upacara pada apel upacara HSN 2024.

Agus Buhori, berharap, momen hari santri 2024 ini, para santri bisa berperan aktif kedepan, bisa memanfaatkan ilmunya, berinivasi, bekreasi.

"Bahkan bisa menghadapi tantangan zaman dengan mempergunakan kemampuan yang beliau bisa," kata Agus pada wartawan.

Agus menyebut, pada HSN 2024 ini sendiri Kementrian Agama mengambil Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan. 

 

Artinya, lanjut dia, mengingatkan para santri harus bisa terus bergera, berjuang serta memberikan kemanfaatan kepada masyarakat.

"Bahwa hari ini tantangan untuk santri kedepan bagaimana bisa memanfaatkan kemampuan teknologi serta berinovasi," ungkapnya.

Agus yang belum lama di Kota Tasikmalaya melihat, jika dibandingkan dengan kota dan kabupaten, setiap perayaan HSN, Kota Tasikmalaya lebih meriah.

"Kalau saya lihat, karena saya pertama disini mungkin bisa dibandingkan kota dan kabupaten lain lebih meriah, lebih ramai, dan begitu terlihat kegembiraan para santrinya dihari santri ini," ucapnya.

"Kalau kegiatan yah, karena sudah ada koordinasi dan kerjasama dengan forum komunikasi ponpes, dibawah vakis sudah ada kegiatan-kegiatan pra waktu proses setelah hari santri," sambungnya.

Disinggung perhatian Pemkot Tasikmalaya pada peringatan HSN 2024 sendiri, ia menyebut, sampai saat ini perhatian Pemkot sangat dirasakan.

"Alhamdulillah Pemkot mensuport 100 persen untuk kegiatan hari santri di tahun 2024 ini, saya lihat dan dirasakan sangat support betul," pungkasnya.

Dalam peringatan HSN 2024 di Stadion Wiradaha, sejumlah Forum Komunimasi Daerah (Forkopimda) Kota Tasikmalaya, Ketua MUI, Ketua PCNU Kota Tasikmalaya, para camat dan lurah serta tamu undangan lainnya.

Topik Menarik