Genjot IKN, Jokowi: Ibukota Baru sudah Selesai 80 Persen

Genjot IKN, Jokowi: Ibukota Baru sudah Selesai 80 Persen

Terkini | manado.inews.id | Kamis, 6 Juni 2024 - 07:01
share

JAKARTA, iNewsManado.com Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencapai 80 persen. Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi pembangunan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024) dikutip Independent.

Saya sangat optimis dengan kantor ini. Kami masih menunggu satu hal lagi, air, pada bulan Juli, kata Widodo di depan lokasi pembangunan istana presiden baru di Nusantara di Pulau Kalimantan.

Presiden mengatakan IKN akan diresmikan pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024.

Ibu kota baru ini akan berukuran dua kali lipat luas Kota New York. Para pejabat mengatakan kota ini akan menjadi kota hijau futuristik yang berpusat di sekitar hutan dan taman yang memanfaatkan sumber energi terbarukan dan pengelolaan limbah cerdas, tambah presiden.

Dalam kunjungannya, presiden meresmikan beberapa proyek pembangunan di IKN, termasuk waduk air. Dia juga menghadiri upacara peletakan batu pertama sekolah dan universitas.

Kota baru ini diumumkan pada tahun 2019.

Sebagai negara besar yang telah merdeka selama 74 tahun, Indonesia tidak pernah memilih ibu kotanya sendiri, ujarnya.

Sekadar diketahui, awal proyek IKN mendapat kritik dari para pemerhati lingkungan dan masyarakat adat, yang mengatakan bahwa proyek tersebut merusak lingkungan, semakin menyusutkan habitat hewan yang terancam punah seperti orangutan dan menggusur masyarakat adat yang bergantung pada lahan untuk penghidupan mereka.

Topik Menarik