Waspada Risiko Mpox Selama Kehamilan, Ini Dampaknya pada Ibu Menyusui

Waspada Risiko Mpox Selama Kehamilan, Ini Dampaknya pada Ibu Menyusui

Terkini | okezone | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 17:50
share

PENULARAN Mpox ke beberapa wilayah di luar Afrika membuat seluruh masyarakat waspada. Dikhawatirkan penyakit ini bisa menular dengan cepat seperti kasus Covid-19 yang melanda dunia beberapa tahun lalu.

Seperti diketahui Mpox adalah nama lain dari monkeypox atau cacar monyet. Dunia internasional sudah mengubah istilah monkeypox menjadi Mpox karena kasus-kasus ini tidak selalu berhubungan dengan monyet.

Meski demikian, seseorang harus memperhatikan risiko Mpox terlebih ketika sedang masa kehamilan. Sebab ibu hamil hingga menyusui sangat berisiko menularkan penyakit kepada buah hatinya.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah, bagaimana risiko Mpox selama kehamilan dan apakah aman bagi ibu untuk terus menyusui jika telah terdiagnosis Mpox? Merangkum dari laman resmi Kemenkes, Jumat (30/8/2024), berikut ulasannya!

Risiko Mpox Selama Kehamilan

Penelitian tentang dampak Mpox pada ibu hamil masih terus berlangsung, namun informasi yang tersedia saat ini menunjukkan bahwa penularan virus selama kehamilan dapat berdampak serius bagi janin.

Meskipun belum ada data yang cukup untuk memahami sepenuhnya bagaimana Mpox dapat ditularkan ke janin, para ahli kesehatan menyarankan ibu hamil untuk lebih berhati-hati.

Jika Anda sedang hamil, penting untuk menghindari kontak erat dengan siapa pun yang terinfeksi Mpox. Penularan virus selama kehamilan bisa terjadi, dan risiko bagi janin bisa berbahaya. Jika Anda merasa terpapar atau mengalami gejala Mpox, segera hubungi fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan perawatan dan panduan lebih lanjut.

Topik Menarik