Gerakan Sajaber Bangun MCK di Kawali Ciamis

Gerakan Sajaber Bangun MCK di Kawali Ciamis

Terkini | ciamisraya.inews.id | Minggu, 1 September 2024 - 10:40
share

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Gerakan "Sajaber" (Sarana Jamban Bersama) yang merupakan kolaborasi lintas sektor yang melibatkan Pramuka, Baznas dan Jabar Bergerak telah membangun komplek mandi, cuci dan kakus (MCK) di Dusun Sukajaya RT 28 RW 08 Desa Mekarmulya, Kawali, Ciamis.

MCK tersebut dibangun di komplek mushola yang juga sedang dibangun secara swadaya masyarakat lingkungan Dusun Sukajaya, Desa Margamulya tersebut.

Tiga kamar MCK yang dibangun lewat gerakan "Sajaber" di Dusun Sukajaya Desa Margamulya tersebut diresmikan oleh Wakil Ketua Bidang Abdimas Jabar Bergerak (pusat), Neneng Hayati, Sabtu (31/8/2024) yang ditandai dengan prosesi gunting pita. Dan diserahkan langsung kepada Kades Margamulya, Haris Hidayat.

Menurut Ketua Jabar Bergerak Ciamis, Agus Irfan Wijaya, selama ini Jabar Bergerak di Ciamis rutin tiap tahun melakukan bedah rumah rutilahu.

Dan tahun ini ada program kepedulian lainnya yakni membangun MCK lewat gerakan Sajaber (sarana jamban bersama).

Dan di Ciamis gerakan sajaber untuk pertama kalinya digelar dengan membangun 3 kamar MCK di Dusun Sukajaya, Desa Margamulya, Kawali.

"Ke 3 kamar MCK tersebut dibuat di komplek mushola yang dibangun warga secara swadaya," ujar Agus Irfan Wijaya kepada iNewsCiamisRaya.id, Sabtu (31/8/2024).

Sarana MCK menurut Agus merupakan kebutuhan dasar bagi warga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya bangunan MCK di Margamulya lewat program Sajaber. Mudah-mudahan mendatangkan banyak manfaat bagi warga setempat," imbuhnya.

Topik Menarik