RK Sebut Jakarta Tetap Jadi Pusat Segalanya hingga 20 Tahun ke Depan

RK Sebut Jakarta Tetap Jadi Pusat Segalanya hingga 20 Tahun ke Depan

Terkini | inews | Minggu, 1 September 2024 - 13:29
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil menyebut, Jakarta masih tetap menjadi pusat segalanya di Indonesia meski tak lagi berstatus ibu kota. Menurutnya, hal itu akan berlangsung setidaknya hingga 20 tahun ke depan.

"Walaupun Nusantara ini menjadi ibu kota, untuk menjadi kota itu, Bapak-Ibu, secara teori dan risetnya, minimal butuh 20-30 tahun. Jadi sebelum 20 tahun Jakarta masih akan menjadi pusat segalanya," kata RK di Jakarta Timur, Minggu (1/9/2024).

Oleh karenanya, RK ingin Jakarta menjadi kota yang adil dan merata pembangunannya. RK juga bakal mengurangi polusi yang menjadi salah satu permasalahan di Jakarta.

"Kami ingin Jakarta ini adil merata, kami ingin Jakarta ini bebas polusi, kami ingin Jakarta ini antara tempat kerja, tempat bekerja dan domisili tidak terlalu jauh sehingga mengurangi kemacetan, mengurangi polusi, bisa jalan kaki ibaratnya, bisa menabung dan lain sebagainya," ujar RK.

RK juga akan mendorong agar aktivitas di Jakarta tidak hanya terpusat di wilayah Sudirman dan Thamrin. Salah satu caranya adalah memberdayakan tingkat RW dengan anggaran memadai.

"Dulu kami (di Jawa Barat) punya program memberdayakan RW, RW-nya diberi anggaran. Nanti insya Allah juga kita sama. Sehingga pembangunan di level RW diberi anggaran dari pemerintah, kata RK.

Dia menyatakan, sejumlah program yang pernah dibuatnya saat menjadi Gubernur Jawa Barat bakal diduplikasi untuk Jakarta. Menurutnya, permasalahan perkotaan hampir sama.

Topik Menarik