280 Anggota Jamaah Islamiyah Muria Raya Kembali ke Pangkuan NKRI, Ucap Sumpah Setia

280 Anggota Jamaah Islamiyah Muria Raya Kembali ke Pangkuan NKRI, Ucap Sumpah Setia

Terkini | inews | Senin, 2 September 2024 - 09:47
share

SEMARANG, iNews.id - Sebanyakj 280 anggota Jamaah Islamiyah (JI) di Kudus dan sekitarnya alias Muria Raya menyatakan kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). JI merupakan organisasi yang keberadaannya dilarang di Indonesia sebab diduga terlibat terorisme.

Ikrar setia kepada NKRI ini diucap di Gedung Serbaguna Graha Idola, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Senin (1/9/2024). Kegiatan ini dikemas dalam acara sarasehan 'Kader Dakwah Nusantara' dengan tema 'Bangun Negeri Bersama Dai'.

Dalam kegiatan ini, ratusan anggota JI yang menyatakan sumpah setia kembali ke pangkuan NKRI. Deklarasi ini dipimpin Abdullah Ansori alias Abu Fatih yang merupakan eks tokoh senior JI bahkan sempat menjabat Ketua Mantiqi II JI.

“Kami eks anggota Al Jamaah Al Islamiyah eks Karesidenan Pati dan sekitarnya menyatakan mendukung samikna wa atokna terhadap pembubaran Al Jamaah al Islamiyah oleh para masyayikh kami di Bogor tanggal 30 Juni 2024," ujar mereka saat mengucap sumpah.

"Siap kembali ke pangkuan NKRI dan terlibat aktif mengisi kemerdekaan serta menjauhkan diri dari pemahaman dan kelompok tatharruf atau ekstrem. Siap mengikuti peraturan hukum yang berlaku di NKRI serta berkomitmen dan konsiten untuk menjalankan harkat yang merupakan konsekuensi logisnya," kata mereka.

"Semoga Allah meridoi keputusan ini," ucapnya lagi.

Kegiatan itu dihadiri langsung sejumlah pentolan eks napiter yang dulunya tokoh-tokoh JI. Di antaranya Miftahul Fauzi warga Desa Bae Kabupaten Kudus, Ahmad Ulul Albab warga Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, Jundi Al Mukhlis warga Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara.

Termasuk pula via daring yakni Abu Rusydan dan Para Wijayanto serta Choirul Anam alias Bravo yang diketahui masih menjalani hukuman penjara dan ditahan di Polda Metro Jaya beserta tokoh-tokoh sepuh JI lainnya.

Topik Menarik