Pasangan Herdiat-Yana Jalani Pemeriksaan Kesehatan: Lelah, Rumit dan Detail

Pasangan Herdiat-Yana Jalani Pemeriksaan Kesehatan: Lelah, Rumit dan Detail

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Senin, 2 September 2024 - 20:40
share

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Pasangan petahana calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra (HY), menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan yang berlangsung cukup lama dan melelahkan. 

Pemeriksaan dimulai sejak pukul 07.00 WIB di RSUD Ciamis dan dilanjutkan pada sore harinya di RSUD Dr. Soekardjo, Tasikmalaya.

Ketua KPU Ciamis, Oong Ramdani, menjelaskan bahwa ada 18 item pemeriksaan yang harus dijalani pasangan ini, termasuk kesehatan fisik, kesehatan rohani, dan tes urine. 

Pemeriksaan kali ini dianggap lebih rumit dan detail dibandingkan dengan pemeriksaan yang dilakukan pada Pilkada Ciamis 2018.

Herdiat Sunarya mengakui bahwa dibandingkan dengan pemeriksaan kesehatan pada Pilkada 2018, tes kali ini jauh lebih kompleks. 

"Pemeriksaannya lebih detail dan lebih banyak item yang harus dilewati. Dulu tidak ada pemeriksaan MRI maupun treadmill. Cukup melelahkan," ujarnya usai menjalani pemeriksaan di RSUD Ciamis sebelum melanjutkan ke RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya, Senin (2/9/2024).

 

Meski begitu, Herdiat mengaku menjalani pemeriksaan kesehatan ini dengan santai tanpa persiapan khusus, berkat kebiasaannya berolahraga seperti bermain bola dan tenis. 

Namun, satu hal yang paling berkesan baginya adalah psikotest yang mengharuskan menjawab 567 soal dalam waktu dua jam.

"Bayangkan, ada 567 soal psikotes yang harus dijawab dalam waktu 2 jam," tambah Herdiat, yang didampingi pasangannya, H. Yana D. Putra.

Direktur RSUD Ciamis, dr. H. Rijali, M.Kes, menyebutkan bahwa pihaknya membentuk tim khusus yang melibatkan 40 dokter spesialis serta tenaga medis untuk menangani pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon ini. 

Proses pemeriksaan mencakup berbagai tes, seperti USG Abdomen, assessment BNN, pengambilan sampel darah dan urine, serta pemeriksaan mata, THT, gigi, saraf, paru-paru, dan psikotest.

Pemeriksaan jantung, MRI, hingga treadmill dilakukan di RSUD Dr. Soekardjo, karena di RSUD Ciamis tidak tersedia dokter spesialis jantung.

"Hasil keseluruhan pemeriksaan kesehatan akan diumumkan malam ini setelah pleno dilakukan," ujar dr. Rijali. 

Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon kepala daerah dalam kondisi fisik dan rohani yang prima serta tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Selama pemeriksaan di RSUD Ciamis, Herdiat dan Yana didampingi oleh pengurus partai dari Koalisi Ciamis Maju yang turut memberikan dukungan moral kepada pasangan tersebut.

Topik Menarik