Kemenparekraf Harap PON 2024 Mampu Dongkrak Kunjungan Wisnus

Kemenparekraf Harap PON 2024 Mampu Dongkrak Kunjungan Wisnus

Terkini | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 07:21
share

GELARAN Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada 9 hingga 20 September 2024 diharapkan dapat meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sehingga memberikan dampak yang luas pada penguatan ekonomi dan terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung pelaksanaan PON 2024. Kemenparekraf bahkan mendapat tugas sebagai wakil ketua pelaksana bidang pendampingan penyelenggaraan.

"Penyelenggaraan ini akan berdampak positif tentunya pada sektor makanan minuman atau kuliner juga diprediksi akan meningkatkan jumlah kunjungan tamu termasuk atlet yang diperkirakan mencapai 20 ribu orang," ucap Nia dalam The Weekly Brief With Sandi Uno yang berlangsung secara hybrid, Senin, 2 September 2024.

Bank Indonesia (BI) Aceh sendiri memprediksi penyelenggaraan PON XXI akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi Aceh sebesar 4 hingga 4,8 persen.

"Bercermin pada Asian Games di Sumatra Selatan, produk lokal pempek yang biasanya diproduksi 100 kilogram, saat PON digelar permintaan naik sehingga harus diproduksi 200 sampai 300 kilogram. Mudah-mudahan dengan menjadi tuan rumah PON ini juga akan terjadi hal yang sama bagi pelaku ekraf di Aceh dan Sumatera Utara," paparnya.

Adapun dukungan Kemenparekraf dalam event ini adalah penyelenggaraan side event dengan mendukung beberapa event daerah yang tergabung dalam Karisma Event Nusantara yang berlokasi di Aceh, Sumatra Utara, dan Surakarta. Seperti diketahui, Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII akan digelar di Surakarta pada 6-13 Oktober 2024.

"Kemenparekraf juga mempromosikan event PON XXI dan Peparnas XVII tahun 2024 melalui owned media Kemenparekraf," kata dia.

Kemenparekraf bekerja sama dengan industri yakni online travel agent juga menghadirkan sejumlah paket wisata.

Beberapa paket perjalanan tersebut diantaranya; Sei Binge Rafting dan Bukit Lawang Trekking (3D2N), Amazing Lake Toba dan Berastagi Tour (4D3N), Wildlife Adventure Bukit Lawang dan Tangkahan (4D3N), Medan Heritage City Tour (Full Day), Dana Toba Berastagi Medan (3D2N/ 4D3N), Danau Toba Bukit Siabea-Bea Taman Simalem Resort Medan (5D4N), Danau Toba Bukit Sia Bea-Bea Bukit Lawang (5D4N).

"Dukungan berikutnya selain side event dan promosi, adalah konsep pendampingan opening dan closing ceremony PON XXI," pungkasnya.

Topik Menarik