Ridwan Kamil Ingin Bangun Homestay Kampung Betawi, Wisatawan Bisa Interaksi dengan Warga

Ridwan Kamil Ingin Bangun Homestay Kampung Betawi, Wisatawan Bisa Interaksi dengan Warga

Terkini | inews | Rabu, 4 September 2024 - 17:53
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) ingin membangun penginapan rumah warga (homestay) di Kampung Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian warga.

RK menilai penginapan warga ditujukan agar wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat. Penginapan di rumah warga bisa menjadi alternatif bagi wisatawan.

"Kalau kampungnya kita tata menjadi kampung destinasi, maka wisatawan itu senang berinteraksi dengan warga kampung kan. Pada saat dia jatuh cinta di kampung itu dengan suasananya ada pilihan balik lagi nginep di hotel biasa atau nginep di homestay," kata RK usai kunjungi Museum Betawi di kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2024).

Mantan Wali Kota Bandung ini mengaku pernah membuat penginapan warga di Kuningan, Jawa Barat. Harga sewa homestay Rp300.000. 

Menurutnya, penginapan di rumah warga memiliki kelebihan dibanding hotel. Salah satunya, kata RK, wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan warga setempat. 

"Kelebihannya apa, malamnya ngobrol sama pemilik rumah, paginya ngobrol sama pemilik rumah kan, mungkin tahun depannya ngelamar anaknya. Jadi macam-macam," tutur RK.

Dia menjelaskan, gagasan itu ditujukan untuk mewujudkan sila ke-5 yakni keadilan bagi seluruh warga Indonesia. "Poin saya yaitu kembali ke sila 5 yaitu ekonomi Jakarta jangan hanya dimiliki oleh konglomerasi, koorporasi, tapi warga kampung juga," katanya.

Topik Menarik