23 Warga Sragen Diduga Keracunan Makanan usai Hadiri Acara Selapanan Bayi

23 Warga Sragen Diduga Keracunan Makanan usai Hadiri Acara Selapanan Bayi

Terkini | inews | Kamis, 5 September 2024 - 11:54
share

SRAGEN, iNews.id - Sebanyak 23 orang mengalami keracunan usai menghadiri acara selapanan bayi di Dukuh Kalikunci, Desa Dawung, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Mereka mengalami gejala pusing dan mual setelah 12 jam menyantap hidangan acara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen Udayanti Proborini mengatakan, para korban dugaan keracunan ini sudah mendapat penanganan medis di Puskesmas dan rumah sakit (RS) terdekat. Total ada 23 orang yang dirawat dengan gejala serupa.

"Pasien 23 orang. Di Puskesmas Sambirejo ada 16 orang, di Puskesmas Gondang 6 orang dan satu dirujuk ke RSUD dr Soehadi. Yang rawat jalan tidak ada," ujarnya, Rabu (4/9/2024).

Udayanti menyebut pihaknya langsung mendatangi lokasi setelah mendapatkan laporan keracunan massal tersebut. Penyelidikan Epidemiologi (PE) dilakukan bersama tim Puskesmas Sambirejo.

"Pengambilan sempel sudah setelah mendapat kabar langsung ke Sambirejo. Sudah ke lokasi, sudah ambil sampel untuk diperiksa dengan tim puskesmas," katanya.

Udayanti menduga gejala yang ditunjukan 23 warga itu akibat keracunan makanan di salah satu acara selamatan. Namun untuk kepastian, pihaknya masih menunggu hasil laboratorium dari sampel makanan yang sudah diambil.

"Ada acara selapanan, makanan gudangan. Sampel yang ada diambil semua. Hasilnya kami menunggu dari provinsi," ucapnya.

Terpisah, Camat Sambirejo Didik Purwanto mengatakan, ada sekitar 45 orang yang hadir dalam acara tersebut. Beberapa orang yang rawat jalan sempat kembali ke fasilitas kesehatan.

"Keluhannya pusing dan mual. Itu acara kemarin sore. Baru tadi pagi (mulai ada keluhan). Lauknya tidak ada amis-amisan, cuma urap-urapan dan telur," ujar Didik.

Topik Menarik