Xi Jinping: China Bakal Latih 6.000 Tentara dan 1.000 Polisi Afrika

Xi Jinping: China Bakal Latih 6.000 Tentara dan 1.000 Polisi Afrika

Terkini | inews | Kamis, 5 September 2024 - 14:25
share

BEIJING, iNews.id - China akan melatih ribuan personel militer, polisi, serta aparat penegak hukum dari Afrika. Hal itu diungkapkan Presiden China, Xi Jinping, hari ini.

"Kami akan memberikan hibah bantuan militer senilai 1 miliar yuan kepada Afrika, memberikan pelatihan bagi 6.000 personel militer dan 1.000 polisi dan petugas penegak hukum dari Afrika," ujar Xi dalam upacara pembukaan Forum Kerja Sama China-Afrika di Beijing, Kamis (5/9/2024).

Tak hanya itu, kata dia, pihaknya juga mengundang 500 perwira militer muda Afrika untuk mengunjungi China. Dengan begitu, mereka akan memiliki wawasan baru mengenai negeri tirai bambu.

Menurut Xi, China dan Afrika juga akan mengadakan latihan militer dan pelatihan prajurit bersama, di samping melaksanakan "aksi untuk Afrika yang bebas ranjau. China dan Afrika juga akan bekerja sama untuk melindungi personel dan proyek militernya.

Presiden China itu juga menegaskan kesiapan Beijing untuk membantu Afrika meningkatkan kapasitas dalam menjaga perdamaian dan stabilitas secara mandiri di bawah Inisiatif Keamanan Global.

Topik Menarik