Pengamat Soroti Dharma-Kun, Himpun Dukungan Maju Pilgub Jakarta tapi Tak Populer di Survei

Pengamat Soroti Dharma-Kun, Himpun Dukungan Maju Pilgub Jakarta tapi Tak Populer di Survei

Terkini | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 06:56
share

JAKARTA, iNews.id - Pengamat politik, Ray Rangkuti menyoroti pasangan calon (paslon) independen Pilgub Jakarta, Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Sebab, keduanya berhasil menghimpun 600.000 lebih KTP sebagai dukungan maju di Pilkada 2024 tanpa meraih elektabilitas tinggi pada survei-survei.

"Kenapa seorang yang sudah mendapatkan dukungan awal dari pemilih ini independen tapi justru tak naik di survei," ujar Ray dalam program Interupsi yang tayang di iNews , Kamis (5/9/2024).

Menurutnya, temuan tersebut menarik. Pasalnya, secara umum paslon independen yang didukung relatif dikenal publik.

"Misal di kasus 2017 lalu, kan Ahok (mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahja Purnama) mau jalan dan belum ada partai saat itu. Cuma karena Ahok memang relatif populer dengan sangat mudah Ahok mengumpulkan lebih dari, (dari) Sahabat Ahok, lebih dari 800.000 tanda tangan, KTP, hampir setara dengan 20 sekian persen dari warga Jakarta," tuturnya.

Secara elektabilitas di survei-survei, kata dia, nama Ahok naik, namun tak begitu bagi Dharma-Kun. Faktanya, Dharma-Kun telah mendapatkan dukungan 600.000 lebih KTP dan lolos di KPU.

"Ini yang menarik saya sebut tadi, beliau bisa mendapatkan dukungan 600.000 lebih. Kalau kita kali dua saja misalkan suami istri atau ibu dan anak, kan itu 1,2 juta, itu artinya kurang lebih sudah 30 persen mungkin dari total pemilih Jakarta, relatif cuma sekitar 7 juta pemilihnya," tuturnya.

"Nah masalahnya tak tercermin di survei, ini yang menarik menurut saya, sebab biasanya orang yang mampu mendapatkan dukungan itu orang yang relatif dikenal," kata Ray lagi.

Topik Menarik