Paus Fransiskus Tinggalkan Indonesia, Lanjutkan Perjalanan Apostolik ke Papua Nugini

Paus Fransiskus Tinggalkan Indonesia, Lanjutkan Perjalanan Apostolik ke Papua Nugini

Terkini | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 10:39
share

JAKARTA, iNews.id - Paus Fransiskus mengakhiri kunjungan di Indonesia, Jumat (6/9/2024). Dia melanjutkan perjalanan apostolik ke Papua Nugini.

Berdasarkan pantauan iNews , pesawat yang mengangkut Paus Fransiskus dan rombongan lepas landas melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, pukul 10.30 WIB. Keberangkatan Paus dilepas Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas serta sejumlah delegasi dan tokoh agama Indonesia.

Pesawat Garuda Indonesia yang membawa Paus Fransiskus ke Papua Nugini. (Foto: Riyan Rizki Roshali)
Pesawat Garuda Indonesia yang membawa Paus Fransiskus ke Papua Nugini. (Foto: Riyan Rizki Roshali)

Paus terbang ke Papua Nugini menggunakan pesawat milik Garuda Indonesia. Bapa Suci melanjutkan perjalanan apostoliknya menggunakan penerbangan carter berjenis Airbus 330.

Sebelum menaiki pesawat, Paus menyapa rombongan dan delegasi Indonesia. Setelah upacara perpisahan selesai, Paus bersama rombongan sekitar 45 orang dan 80 wartawan terbang menuju Bandara Port Moresby, Papua Nugini.

Paus dan rombongan diperkirakan tiba di Bandara Port Moresby, Papua Nugini, pada pukul 18.50 waktu setempat.

Diketahui, Indonesia menjadi salah satu tujuan kunjungan Paus Fransiskus dalam perjalanan apostolik di Asia Pasifik. Dia akan melanjutkan perjalanan ke Port Moresby (Papua Nugini) dan Vanimo pada 6-9 September 2024.

Paus kemudian melanjutkan perjalanan ke Dili (Timor Leste) pada 9-11 September 2024 dan Singapura pada 11-13 September 2024.

Adapun Paus Fransiskus tercatat menjadi Paus ketiga yang mengunjungi Indonesia. Sebelumnya, Paus Santo Paulus VI berkunjung ke Indonesia pada 3-4 Desember 1970, kemudian Paus Santo Yohanes Paulus II pada 9-14 Oktober 1989.

Topik Menarik