Kapan Android Pertama Diluncurkan? Ini HP yang Menggunakannya

Kapan Android Pertama Diluncurkan? Ini HP yang Menggunakannya

Terkini | inews | Sabtu, 7 September 2024 - 08:04
share

JAKARTA, iNews.id - Kapan Android pertama diluncurkan? Pernahkan pertanyaan ini melintas dalam pikiran Anda saat melihat bagaimana sistem operasi Google ini menguasai pasar.

Pada 2007, Apple meluncurkan iPhone pertama dan mengantarkan era baru dalam komputasi mobile. Pada saat itu, Google masih bekerja pada Android secara rahasia, tetapi pada November tahun itu, perusahaan perlahan-lahan mulai mengungkapkan rencananya menyaingi Apple dan platform mobile lainnya.

Dalam perkembangan besar, Google memimpin pembentukan Open Handset Alliance. Ini termasuk pembuat ponsel seperti HTC dan Motorola, produsen chip seperti Qualcomm dan Texas Instruments, dan operator termasuk T-Mobile.

Kemudian Chairman dan CEO Google Eric Schmidt mengumuman proyek ambisius. "Pengumuman hari ini lebih ambisius daripada "Google Phone" yang telah dispekulasikan selama beberapa minggu terakhir. Visi kami adalah platform kuat yang kami luncurkan akan memberi daya pada ribuan model ponsel yang berbeda," katanya.

Kapan Android Pertama Diluncurkan?

Versi beta publik Android versi 1.0 diluncurkan untuk pengembang pada 5 November 2007. Pada September 2008, smartphone Android pertama diumumkan. OS dibenamkan di T-Mobile G1 atau dikenal sebagai HTC Dream di bagian lain dunia, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Sabtu (7/9/2024).

Ponsel itu mulai dijual di AS pada Oktober 2008. Dengan layar sentuh 3,2 inci slide-out yang dikombinasikan dengan keyboard fisik QWERTY, ponsel ini membawa sesuatu yang unik. T-Mobile G1 mendapat ulasan yang cukup buruk dari outlet media teknologi.

Perangkat itu bahkan tidak memiliki jack headphone 3,5mm standar. Namun, OS Android 1.0 di dalamnya sudah memiliki merek dagang dari rencana Google untuk OS.

OS mengintegrasikan sejumlah produk dan layanan perusahaan lainnya. Ini termasuk Google Maps, YouTube, dan browser HTML (pra-Krom) yang menggunakan layanan pencarian Google. Ini juga memiliki versi pertama Android Market.

Google dengan bangga menyatakan toko aplikasi akan memiliki puluhan aplikasi Android yang unik dan pertama. Fitur-fitur ini terdengar cukup primitif sekarang, tapi ini awal dari kenaikan Android di pasar perangkat seluler.

Nama kode resmi pertama untuk Android tidak muncul sampai rilis versi 1.5 Cupcake pada April 2009. Cupcake menambahkan beberapa fitur baru dan perbaikan dibandingkan dengan dua versi publik pertama. Ini termasuk hal-hal yang sekarang kita anggap remeh, seperti kemampuan untuk mengunggah video ke YouTube, cara untuk menampilkan ponsel untuk diputar secara otomatis, dan dukungan untuk keyboard pihak ketiga.

Beberapa ponsel yang dirilis dengan Cupcake diinstal ke ponsel Samsung Galaxy pertama dan HTC Hero.

Topik Menarik