Pesawat Mumbai-Frankfurt Bawa 247 Orang Mendarat Darurat di Turki, Petugas Tak Temukan Bom

Pesawat Mumbai-Frankfurt Bawa 247 Orang Mendarat Darurat di Turki, Petugas Tak Temukan Bom

Terkini | inews | Sabtu, 7 September 2024 - 11:32
share

ANKARA, iNews.id - Ancaman bom terhadap pesawat maskapai India Vistara Airlines rute Mumbai-Frankfurt, Jerman, palsu. Pesawat yang membawa 247 penumpang dan kru itu terpaksa mendarat darurat di Erzurum, Turki, pada Jumat sore setelah ancaman diketahui.

Setelah pesawat mendarat dengan selamat, seluruh penumpang dan kru dievakuasi tanpa ada yang terluka.

Petugas dari berbagai kalangan, termasuk penjinak bom, dikerahkan ke bandara untuk menangani situasi. Proses penyisiran dilakukan cukup lama yakni hingga Sabtu (7/9/2024) pagi WIB.

Gubernur Erzurum Mustafa Ciftci mengatakan, setelah penyisiran sampai ke bagian kargo tak ditemukan bom yang dimaksud serta benda mencurigakan lainnya.

"Pada pukul 23.30, kami telah menyelesaikan seluruh operasi pencarian dan pemeriksaan. Sebagai hasil dari tugas yang dilakukan, kami menyimpulkan ancaman bom itu tidak berdasar," kata Ciftci, dikutip dari Associated Press.

Ancaman itu pertama kali diketahui oleh kru dari selembar kertas yang ditemukan di toilet. Isi pesan di dalamnya, "Ada bom di dalam pesawat".

Selama kejadian tersebut, pihak berwenang Turki juga menutup wilayah udara di atas Erzurum sebagai tindakan pencegahan. Namun setelah semua dinyatakan aman, wilayah udara serta aktivitas bandara kembali normal.

Semua penerbangan yang datang atau pergi dari provinsi kami sekarang bisa terbang dengan aman, kata Ciftci.

Sementara itu para penumpang akan diterbangkan kembali ke Franfurt menggunakan pesawat pengganti pada Sabtu. Vistara mengirim pesawat pengganti dari Mumbai yang akan tiba di Erzurum pada siang waktu setempat.

Topik Menarik