Saudi Peringatkan Badai Petir dan Hujan di Makkah, Berpotensi Banjir Bandang

Saudi Peringatkan Badai Petir dan Hujan di Makkah, Berpotensi Banjir Bandang

Terkini | inews | Senin, 9 September 2024 - 16:55
share

RIYADH, iNews.id - Otoritas Arab Saudi mengeluarkan peringatan cuaca buruk untuk pekan ini, yakni sejak Senin hingga Jumat (9-13/9/2024). Badai petir disertai hujan lebat berpotensi mengguyur sebagian wilayah Saudi.

Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil menyatakan, di Wilayah Makkah, hujan ringan hingga sedang diperkirakan turun hingga berpotensi menyebabkan banjir bandang. Selain itu hujan es dan angin kencang juga berpotensi menerjang Tanah Suci dalam beberapa hari mendatang. 

Sementara itu Wilayah Riyadh akan mengalami hujan ringan, seperti di daerah Afif, Al Dawadmi, Al Quwai'iyah, Al Aflaj, Al Sulayyil, dan Wadi Al Dawasir.

Cuaca lebih ekstrem diperkirakan terjadi di Wilayah Al Baha, Aseer, dan Jazan, yang diperkirakan diguyur hujan sedang hingga lebat.

Sementara hujan ringan hingga sedang terjadi di Wilayah Hail, Al Qassim, Provinsi Timur, Madinah, serta Najran.

Direktorat Pertahanan Sipil mengimbau warga untuk berhati-hati dan mengikuti panduan serta mematuhi instruksi dari sumber resmi, seperti tetap berada di lokasi aman, menghindari daerah rawan banjir, dan tidak berenang di aliran air deras atau lembah.

Topik Menarik