Helikopter AU El Salvador Jatuh, Kepala Kepolisian Nasional dan Buronan Kakap Tewas

Helikopter AU El Salvador Jatuh, Kepala Kepolisian Nasional dan Buronan Kakap Tewas

Terkini | inews | Selasa, 10 September 2024 - 15:59
share

SAN SALVADOR, iNews.id - Kecelakaan helikopter angkatan udara (AU) El Salvador, Minggu (8/9/2024), menewaskan sembilan orang. Di antara mereka yang tewas adalah kepala kepolisian El Salvador Mauricio Arriaza Chicas dan bankir yang juga buronan kelas kakap polisi.

Helikopter nahas itu membawa bankir, Manuel Coto, yang pada Sabtu lalu ditangkap di Honduras. Dia diserahkan oleh otoritas Honduras kepada kepolisian El Salvador di perbatasan kedua negara, kemudian hendak dibawa ke ibu kota.

Mantan manajer bank COSAVI itu diburu polisi El Salvador dan Interpol. Dia merupakan salah satu dari 32 orang yang diburu terkait penggelapan dana lebih dari 35 juta dolar AS yang juga melibatkan direktur dan karyawan bank.

Militer El Salvador menyatakan, helikopter jatuh di wilayah San Eduardo, Pasaquina. Selain direktur kepolisian nasional, Mauricio Arriaza Chicas, ada dua deputi direktur kepolisian di dalamnya.

Presiden El Salvador Nayib Bukele mengatakan insiden ini bukan kecelakaan sederhana seraya mendesak penyelidikan penuh.

"Kita akan meminta bantuan internasional," kata Bukele, seraya mengenang jasa Chicas dalam menumpas banyak geng kriminal yang meresahkan rakyat El Salvador, seperti dikutip dari Associated Press, Selasa (10/9/2024).

Dia memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang pada Senin (9/9/2024) untuk mengenang mendiang Chicas seraya menyebutnya sebagai pahlawan nasional.

Semua bendera, di seluruh wilayah nasional, serta di kedutaan dan konsulat, akan dikibarkan setengah tiang selama 3 hari untuk menghormati direktur Kepolisian Sipil Nasional, kata Bukele, dalam pernyataan di media sosial X.

Topik Menarik