Houthi Klaim Tembak Jatuh 2 Drone Canggih MQ-9 Reaper, AS Rugi Hampir Rp1 Triliun?

Houthi Klaim Tembak Jatuh 2 Drone Canggih MQ-9 Reaper, AS Rugi Hampir Rp1 Triliun?

Terkini | inews | Selasa, 10 September 2024 - 16:22
share

SANAA, iNews.id - Gerakan Ansar Allah mengklaim telah menembak jatuh dua drone serang ofensif MQ-9 Reaper milik AS di negeri Arab itu selama 72 jam terakhir. Jika klaim tersebut benar, kelompok yang lebih dikenal sebagai Houthi itu berarti telah membuat Amerika rugi hampir Rp1 triliun dalam 3 hari ini.

"Pasukan pertahanan udara kami telah menembak jatuh pesawat tak berawak MQ-9 AS saat pesawat itu tengah melakukan kegiatan spionase dan militer yang bersifat permusuhan di wilayah udara Provinsi Sadah," kata Juru Bicara Militer Houthi, Yahya Saria, kepada saluran berita al-Masirah, Selasa (10/9/2024).

Menurut dia, ini adalah pesawat nirawak kedua yang ditembak jatuh oleh pertahanan udara Yaman sejak akhir pekan lalu dan yang kesembilan sejak dimulainya serangan Israel terhadap Jalur Gaza pada Oktober 2023. Satu drone Reaper MQ-9 lainnya ditembak jatuh di Provinsi Marib pada Sabtu (7/9/2024) lalu.

Saria tidak menjelaskan secara perinci bagaimana drone-drone itu dirontokkan Houthi. Akan tetapi The Associated Press (AP)mencatatbahwa Iran telah memasok kelompok pemberontak Yaman itu dengan rudal permukaan-ke-udara canggih yang dapat melakukan tugas semacam itu.

Untuk diketahui, satu drone MQ-9 berharga lebih dari 30 juta dolar AS. Nilai itu setara dengan Rp464 miliar pada kurs hari ini.

Topik Menarik