Debat Capres AS, Donald Trump Tuduh Biden dan Kamala Harris Biang Kerok Permasalahan Imigran

Debat Capres AS, Donald Trump Tuduh Biden dan Kamala Harris Biang Kerok Permasalahan Imigran

Terkini | inews | Rabu, 11 September 2024 - 08:27
share

WASHINGTON, iNews.id - Debat Calon Presiden (Capres) Amerika Serikat (AS) antara Donald Trump dan Kamala Harris dimulai, Selasa (10/9/2024) malam waktu Pennsylvania atau Rabu pagi WIB. Ini merupakan pertemuan pertama kedua kandidat di panggung debat Pilpres AS 2024.

Harris lebih dulu menyodorkan tangannya untuk menjabat tangan Trump saat keduanya masuk panggung.

Debat tersebut disiarkang langsung ABC News dari Philadelphia, Pennsylvania.

Trump memulai pernyataannya dengan mengangkat isu imigran. Dia menyebut para imigram telah mengambil alih kota-kota dan gedung-gedung di AS, menguasai berbagai sektor negara itu.

"Kita memiliki jutaan orang yang mengalir ke negara ini. Anda melihat apa yang terjadi dengan kota-kota di seluruh Amerika Serikat. Anda lihat Springfield, Ohio. Anda lihat Aurora di Colorado. Mereka mengambil alih banyak kota. Mereka mengambil alih gedung-gedung. Mereka masuk dengan kejam," kata Trump, seperti dilaporkan kembali Sputnik.

Trump menuduh pemerintahan Presiden Joe Biden, termasuk wakilnya, Harris, berada di balik kondisi tersebut. Di bawah Biden, para imigran leluasa masuk AS.

Pernyataan Trump soal imigram di Springfield itu disampaikan setelah muncul laporan bahwa seorang imigran asal Haiti membunuh dan memakan hewan peliharaan.

Sementara di Aurora, Trump merujuk pada dugaan pengambilalihan gedung apartemen oleh anggota geng kriminal asal Venezuela.

Topik Menarik