Viral Penumpang Mobil LCGC Buang Sampah Sembarangan, Ditegur Malah Ngamuk-Ngamuk

Viral Penumpang Mobil LCGC Buang Sampah Sembarangan, Ditegur Malah Ngamuk-Ngamuk

Terkini | okezone | Rabu, 11 September 2024 - 17:20
share

JAKARTA - Viral di media sosial (medsos) video menampikan seorang penumpang mobil LCGC (Low Cost Green Car) membuang sampah sembarangan. Saat ditegur, wanita tersebut malah mengamuk.

Video tersebut diunggah akun Instagram @memomedsos. Dalam video itu, tampak perekam video menghentikan mobil yang pengemudi dan penumpangnya membuang sampah ke jalanan. Perekam video mengingatkan bahwa perbuatan tersebut salah.

Namun, penumpang mobil LCGC tersebut marah dan ngotot membela diri. Ia mengatakan tak ada rambu yang melarang buang sampah sembarangan.

"Tidak ada larangan buang sampah sembarangan itu, terus bisa buang sembarangan? Ada yang namanya tong sampah, tapi buka di jalan!" ucap perekam video.

Penumpang mobil LCGC yang merupakan wanita tersebut kemudian menunjuk sejumlah sampah lain yang bergeletakan di pinggir jalan. Sambil menunjuk ia mengatakan, banyak pemotor yang bepergian sambil membawa dan membuang sampah, sehingga hal tersebut menurutnya umum terjadi.

Sebagai informasi, larangan buang sampah sembarangan sebenarnya sudah diatur, seperti dalam UU Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Pada Pasal 29 (1) huruf e UU Nomor 18 Tahun 2008 disebutkan, setiap orang dilarang membuang sampah tidak pada tempat yang telah ditentukan dan disediakan. Untuk ketentuan lebih lanjut terkait larangan tersebut diatur melalui peraturan daerah kabupaten/kota.

Senior Instructor dari Safety Driving Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan bergantung adab. Adab yang buruk kerap dilakukan sehingga menjadi sebuah hal yang dimaklumi.

“Ini masalah adab. Jadi akar dari pelanggaran lalu lintas ini adalah adab yang buruk dari masyarakat kita terhadap aturan. Mereka tidak pernah dapat informasi tentang pentingnya keselamatan di bangku sekolahan,” ucap Sony.

 

“Nah, mereka gak paham tuh aturan yang harus mereka taati, akhirnya terciptanya culture yang satu orang melanggar, semua orang ikuti. Culture yang jelek ini lah yang terbangun di Indonesia,” tambahnya.

Warganet yang melihat video tersebut juga ikut geram karena merasa apa yang dilakukan penumpang dan pengendara mobil LCGC itu salah. Bahkan, netizen berharap pemerintah daerah memberikan sanksi sosial kepada mereka.

"Cari rumahnya dimana woy, panggil truk sampah, buang depan rumahnya, kan pasti ga ada plang jgn buang sampah sembarangan," kata @eko***.

"Dirumah teteh pasti ga ada tulisan dilarang buang sampah... Kalo begitu saya bileh dong buang sampah di depan rumah teteh... Kan ga ada plang dilarang buang sampah," tulis @epu***.

"Lain kali kalo liat orang buang sampah sembarangan ketok kacanya buang balik sampahnya ke mobil, di mana mana orang juga tau kalo dilarang buang sampah sembarangan," ucap @yul***.

Topik Menarik