Masyarakat Kelas Menengah Ditakut-takuti hingga Jadi Irit dan Hemat

Masyarakat Kelas Menengah Ditakut-takuti hingga Jadi Irit dan Hemat

Terkini | okezone | Jum'at, 13 September 2024 - 08:10
share

JAKARTA - Data menunjukan betapa rentannya kelas menengah dan calon kelas menengah Indonesia untuk turun kelas. Hal ini membuat masyarakat kelas menengah sekarang lebih irit dan hemat.

Menurut Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (INDEF), Eko Listiyanto, banyak faktor yang membuat kelas menengah turun kelas. Bukan hanya pandemi Covid, tapi berkaitan juga dengan kebijakan-kebijakan pemerintah yang justru menakut-nakuti kelas menengah.

Mayoritas wacana kebijakan itu, katanya, berkaitan dengan harga-harga yang sebenarnya bisa dikontrol oleh pemerintah.

Banyak sekali isu-isu yang akan menghantam daya beli kelas menengah. Kelas menengah ini kan rasional, kalau sudah tahu tahun depan tidak akan lebih baik dari tahun ini, mereka akan mengirit dan berhemat, kata Eko.

Tarif pajak pertambahan nilai (PPN), misalnya, akan naik menjadi 12 pada 1 Januari 2025 sebagai tindak lanjut terbitnya Undang-Undang No. 7/2021 tentang harmonisasi peraturan perpajakan.

Pada Juni 2024, muncul pula peraturan pemerintah yang mewajibkan iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Besar potongan yang akan ditanggung pekerja adalah 2,5 dan rencananya akan berlaku pada 2027.

Topik Menarik