Aneh! Alat Komunikasi Pager Anggota Hizbullah Diretas dan Meledak, Ratusan Orang Luka

Aneh! Alat Komunikasi Pager Anggota Hizbullah Diretas dan Meledak, Ratusan Orang Luka

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 21:29
share

BEIRUT, iNews.id - Ratusan anggota Hizbullah Lebanon terluka akibat alat komunikasi pager milik mereka tiba-tiba meledak, Selasa (17/9/2024). Ini merupakan serangan masif mengejutkan menggunakan alat komunikasi.

Kementerian Kesehatan Lebanon mendesak warga yang memiliki pager atau perangkat komunikasi nirkabel lainnya segera membuangnya seraya memperingatkan rumah sakit untuk siaga tinggi.

"Kementerian meminta semua warga negara yang memiliki perangkat komunikasi nirkabel untuk menjauhinya sampai kebenaran tentang apa yang terjadi terungkap," bunyi pernyataan, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Perangkat yang meledak itu digunakan oleh para anggota Hizbullah yang berada di pinggiran Beirut atau Dahiyeh.

Kantor Berita Nasional (NNA) melaporkan, perangkat pager itu tampaknya diretas terlebih dulu kemudian diledakkan. Serangan ini juga terjadi di Kota Ali Al Nahri dan Riyaq yang berada di lembah Beqaa.

Sebagian besar rumah sakit di selatan Lebanon dalam kondisi siaga. Banyak korban luka, umumnya mereka sedang menggunakan atau mengantongi pager masing-masing.

Beberapa rumah sakit juga mendesak warga untuk menyumbangkan darah golongan apa pun.

Palang Merah Lebanon menyatakan bahwa lebih dari 30 ambulans ikut merawat korban luka. Selain itu 50 ambulans tambahan dari Gunung Lebanon dan Beirut juga disiagakan untuk mendukung operasi penyelamatan dan evakuasi.

Topik Menarik