Kemenag Cetak Hattrick, Layanan Haji 2024 Sangat Memuaskan

Kemenag Cetak Hattrick, Layanan Haji 2024 Sangat Memuaskan

Terkini | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 21:39
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Agama (Kemenag) mencatatkan sejumlah prestasi terkait penyelenggaraan ibadah haji 2024. Mengusung slogan haji ramah lansia, Dirjen PHU Hilman Latief mengatakan tahun ini tingkat kepuasan layanan haji mendapatkan apresiasi memuaskan dari jemaah.

Berdasarkan data Kemenag, 98,9 persen jemaah adalah mereka yang pertama kali haji. Sehingga edukasi jemaah mulai dari manasik hingga hal teknis seperti penggunaan toilet di pesawat dan cara naik lift menjadi bagian dari variasi layanan. 

“Kita alhamdulillah hattrick di 2022, 2023, 2024 ini kepuasaan haji kita sangat memuaskan,” kata Hilman Latief di Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Selain hattrick kepuasan layanan jemaah haji, selama periode 2019-2024 Kemenag juga membangun sebanyak 253 Gedung Pusat Layanan Haji Terpadu (PLHUT).

Infrastruktur dan fasilitas yang mendekatkan layanan masyakarat terkait haji dan umrah tersebut sudah dibangun mulai dari Aceh hingga Papua. Dengan skema SBSN rata-rata gedung PLHUT dibangun dengan biaya Rp2-4 miliar per unit.

Dirjen PHU Hilman Latief mengatakan pada tahun 2019 program pembangunan gedung PLHUT dimulai dengan membangun 19 unit gedung. Kemudian pada tahun 2020 jumlah gedung yang dibangun mengalami kenaikan signifikan yakni 40 gedung PLHUT.

"Pada tahun 2021 jumlah gedung PLHUT yang dibangun naik menjadi 42 gedung, tahun 2022 bertambah lagi menjadi 45 unit gedung PLHUT. Untuk tahun 2023 dan 2024 kementerian Agama melalui Ditjen PHU membangun gedung PLHUT 110 gedung dengan rincian 55 gedung per tahun," sambung Hilman.

Keberadaan gedung pelayanan terpadu ini akan mempercepat dan memudahkan pengurusan haji dan umrah. Gedung PLHUT yang dibangun terdiri atas dua lantai. Lantai pertama digunakan untuk ruang pelayanan jemaah. Sedangkan lantai 2 untuk ruang serbaguna yang dapat digunakan pula untuk kegiatan bimbingan manasik haji.

Layanannya meliputi layanan informasi, pendaftaran, pembayaran melalui bank yang ditunjuk, serta layanan bimbingan manasik haji dan umrah. Gedung layanan dua lantai ini juga ramah dengan penyandang disabilitas, anak, dan ibu menyusui.

"Kehadiran PLHUT ini bertujuan memberikan layanan satu atap terkait haji reguler, haji khusus, dan ibadah umrah. PLHUT memiliki layanan pendaftaran haji, BPS Bipih juga akan termasuk biometrik. Jadi di PLHUT sudah one stop service. Daftar di sini, jemaah sudah dapat nomor porsi," katanya.

Topik Menarik