Johan Budi Ikut Tes Wawancara Capim KPK, Ngaku Sudah Mundur dari DPR dan PDIP

Johan Budi Ikut Tes Wawancara Capim KPK, Ngaku Sudah Mundur dari DPR dan PDIP

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 23:24
share

JAKARTA, iNews.id - Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi Sapto Prabowo menjalani tes wawancara calon pimpinan (capim) KPK di Gedung Kemensetneg, Jakarta, Selasa (17/9/2024). Dia mengaku sudah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota DPR dan kader PDIP.

"Jadi disampaikan, saya sudah mundur secara resmi ya, sekarang nunggu keppres (keputusan presiden) dari presiden, sudah dikirim oleh ketua DPR kepada presiden. Saya juga sudah dapat surat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Bu Megawati Soekarnoputri tentang pengunduran diri saya sebagai anggota partai," kata Johan di Gedung Kemensetneg.

Dengan penguduran diri ini, dia mengatakan statusnya naik tingkat dari wakil rakyat menjadi rakyat.

"Kalau kemarin wakil rakyat, sekarang saya jadi rakyat," katanya.

Dia menekankan, sosok presiden menjadi penentu kinerja KPK berjalan dengan baik atau tidak. Menurutnya, jika presiden tidak memiliki political will, pimpinan KPK sebaik apapun akan percuma.

"KPK, Anda memilih pimpinan sebersih malaikat pun, seberani malaikat pun, itu percuma kalau presiden sebagai kepala negara, sebagai kepala pemerintahan, itu tidak punya political will, tidak punya keinginan memberantas korupsi," kata Johan.

Dia mengaku senang dengan sikap Presiden Terpilih Prabowo Subianto berkomitmen pemberantasan korupsi. Bahkan, kata dia, Prabowo bertekad mengejar koruptor kemana pun mereka lari.

"Presiden punya Kapolri, punya Jaksa Agung, yang kemudian bisa memerintahkan Kapolri dan Jaksa Agung untuk Itu tadi yang saya sampaikan kepada Pansel," ungkapnya.

Topik Menarik