Dirumorkan Buta Kena Bom Pager, Begini Kondisi Terkini Dubes Iran untuk Lebanon

Dirumorkan Buta Kena Bom Pager, Begini Kondisi Terkini Dubes Iran untuk Lebanon

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 18:47
share

TEHERAN, iNews.id - Duta Besar (Dubes) Iran untuk Lebanon Mojtaba Amani hingga Rabu (18/9/2024) masih dirawat di rumah sakit Ibu Kota Beirut setelah terkena ledakan pager. Dia menderita luka akibat terkena ledakan yang terjadi serentak di penjuru Lebanon itu.

Kedutaan Besar (Kedubes) Iran di Lebanon memastikan kondisi Amani stabil, sekaligus menepis rumor bahwa dia dalam kondisi kritis. Rumor yang menyebutkan kondisi Amani memburuk juga dipastikan tak benar, termasuk mengalami kebutaan permanen.

Sebelumnya surat kabar AS The New York Times (NYT), mengutip keterangan sumber dari Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), melaporkan Amani mengalami kebutaan pada satu matanya. Satu mata lainnya menderita luka parah setelah pager meledak saat digunakan.

"Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Lebanon memberitahu rekan-rekan senegara serta media bahwa proses perawatan Amani, duta besar yang terhormat, berjalan dengan baik dan bahwa rumor tentang kondisi fisik Amani dan masalah pada pengelihatan matanya, tidak benar," bunyi pernyataan Kedubes Iran, di media sosial X.

Ledakan pager terjadi serentak di penjuru Lebanon. Perangkat komunikasi yang sempat populer di Indonesia pada tahun 1990-an akhir itu sempat berbunyi bip selama sekitar 10 detik sebelum meledak.

Pager meledak disertai dengan lontaran benda logam dan plastik bagian dari perangkat alat komunikasi tersebut. Para korban yang menderita luka parah di bagian wajah dan kepala umumnya sedang melihat pesan pada perangkat. Korban mencapai ribuan orang karena mereka sedang memerika pesan di perangkat tersebut setelah berbunyi bip.

Topik Menarik