Apa Itu Siswa Eligible untuk Pendaftaran SNBP 2025? Cek Ketentuannya

Apa Itu Siswa Eligible untuk Pendaftaran SNBP 2025? Cek Ketentuannya

Terkini | sindonews | Kamis, 19 September 2024 - 08:28
share

Sebagai persiapan menghadapi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2025, penting bagi para siswa kelas 12 untuk memahami apa itu pengertian siswa eligible . Berikut ini pengertian dan juga persyaratannya.

SNBP merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tanpa ujian tulis, melainkan berdasarkan penilaian prestasi akademik dan non-akademik.

Tahapan penerimaannya dikoordinir oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di bawah Kemendikbudristek.

Pengertian Siswa Eligible

Siswa yang eligible adalah siswa yang memenuhi syarat dan kriteria tertentu yang ditetapkan oleh sekolah dan panitia SNBP. Istilah ini menunjukkan bahwa siswa tersebut diperbolehkan dan berhak untuk mengikuti proses seleksi SNBP.

Kriteria eligibility bertujuan untuk memastikan bahwa hanya siswa-siswa yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang memenuhi standar tertentu yang dapat mengikuti seleksi ini.

Ketentuan Siswa Eligible

1. Status Siswa Kelas 12

Siswa yang sedang duduk di kelas 12 pada tahun ajaran 2024/2025 dan terdaftar di sekolah yang memenuhi syarat untuk mengikuti SNBP.

2. Peringkat Sekolah

Sekolah masing-masing memiliki kuota tertentu untuk mengirimkan siswa terbaiknya berdasarkan peringkat akreditasi.

Sekolah dengan akreditasi A dapat mengirimkan lebih banyak siswa dibandingkan sekolah dengan akreditasi B atau C. Oleh karena itu, siswa harus termasuk dalam kuota yang ditetapkan sekolah.

Demikian tadi pengertian siswa eligible untuk pendaftaran SNBP 2025. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik