10 Tempat Sarapan di Manado, Pilihan Menu Tinutuan, Nasi Kuning hingga Biapong

10 Tempat Sarapan di Manado, Pilihan Menu Tinutuan, Nasi Kuning hingga Biapong

Terkini | inews | Minggu, 22 September 2024 - 05:00
share

MANADO, iNews.id - Daftar 10 tempat sarapan di Manado, Sulawesi Utara. Menu yang ditawarkan menggugah selera untuk sarapan pagi atau biasa dikenal dengan istilah smokol oleh orang Manado.

Kota Manado memang dikenal di nusantara dengan ragam kuliner khas yang nikmat. Ada bubur Manado atau tinutuan, juga nasi kuning khas serta biapong.

Ini dia deretan tempat sarapan di Manado yang cocok dikunjungi saat berada di Ibu Kota Sulawesi Utara. 

10 Tempat Sarapan di Manado

1. Street Food Jalan Sam Ratulangi

Kawasan Street Food Jalan Sam Ratulangi merupakan salah satu tempat sarapan murah di Manado. Namun di tempat ini banyak dikhususkan untuk maakanan non-Muslim.

Harga per porsi rata-rata Rp25.000 untuk segala jenis makanan khas Minahasa yang cocok untuk sarapan.

2. Kawasan Jalan Roda

Kawasan jarod tempat sarapan di Manado. (Foto: Ist)
Kawasan jarod tempat sarapan di Manado. (Foto: Ist)

Jalan Roda (Jarod) sudah menjadi tempat yang dikenal luas warga Manado. Letaknya di kawasan bisnis Pasar 45 Manado yang menyediakan beragam menu makanan dengan harga murah dan kopi nikmati.

Di tempat ini, semua jenis makanan dijual adalah makanan halal. Beragam menu lezat ditawarkan di sini, mulai dari woku belanga tindarung, bakar rica, sayur singkong santan hingga kua bugis yang enak. Hanya dengan uang Rp50.000 makan berdua sampai kenyang.

3. Rumah Kopi Billy

Tempat sarapan di Manado berikutnya yakni Rumah Kopi Billy. Tempat ini menjadi salah satu yang terfavorit warga Manado untuk sarapan.

Lokasinya ada yang terletak di Jalan Sam Ratulangi Nomor 134, Manado. Rumah Kopi Billy juga dibuka di Jalan 17 Agustus dan kawasan Megamas.

Menu yang dihadirkan beraneka ragam, paling banyak tentunya cemilan hingga nasi goreng, biapong dan kopi susu hangat.

4. Dermaga Youth Center

Dermaga Youth Center di kawasan Megamas Manado merupakan salah satu tempat kuliner yang layak dikunjungi. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai sambil memesan makanan serba enak yang rata-rata bawah Rp50.000

5. Kawasan Wakeke

Kawasan Wakeke menjadi salah satu tempat kuliner yang sering dikunjungi wisatawan lokal dan asing. Di tempat ini dijual makanan khas Minahasa, bubur manado atau tinutuan.

Makanan disini halal dan pengunjung bisa menikmati jajanan lain seperti gorengan dipadukan dengan sambal roa khas Manado.

6. RM Saroja

Tempat sarapan di Manado, Nasi Kuning Saroja (Foto: Instagram/bungalintan)
Tempat sarapan di Manado, Nasi Kuning Saroja (Foto: Instagram/bungalintan)

Tempat sarapan di manado berikutnya yakni Rumah Makan Saroja. Tempat ini sudah sangat populer bagi masyarakat Manado dan sekitarnya karena kelezatan nasi kuning yang gurih dan mampu menarik banyak pelanggan.

Lokasinya berada di Jalan Diponegoro, Kecamatan Wenang, Kota Manado.

Rumah Makan ini menyajikan seporsi Nasi Kuning lengkap dengan topping kentang kering, sambal, potongan ubi, telur, dan yang paling istimewa adalah taburan abon cakalang. Anda dapat merasakan lezatnya ikan cakalang berpadu dengan pulen dan gurihnya Nasi Kuning membuat Anda ingin menambah lagi dan lagi. 

7. Rumah Kopi Tikala

Rumah Kopi Tikala merupakan rumah kopi tertua yang berdiri sejak 1932. Rumah kopi ini terletak di Jalan Sudirman 2, Komo Luar, Manado.

Pelanggan yang datang bisa memesan kopi dengan aneka cemilan untuk sarapan roti bakar dan kue tradisional khas Sulut.

8. Rumah Kopi K8

Rumah Kopi K8 terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 8, Sario, Manado. Tempat ini sudah buka mulai pukul 06.30 hingga malam hari.

Pilihan menunya cukup banyak seperti bubur manado (tinutuan), nasi goreng, mi cakalang, roti, hingga kue tradisional. Sarapan di sini cocok dengan menyeruput kopi susu atau teh susu.

Rumah Kopi K8 tempat sarapan di Manado. (Foto:Ist)
Rumah Kopi K8 tempat sarapan di Manado. (Foto:Ist)

9. Rumah Makan Raja Oci Manado

Rumah Makan Raja Oci memiliki menu andalan perkedel jagung dan ikan oci atau ikan tude. Anda juga harus mencicipi menu lainnya yang tak kalah enak seperti cumi, kepiting, udang, tindarung dan lainnya.

Hal menarik dari Rumah Makan Raja Oci adalah Anda dapat memilih sendiri ikan segar yang akan dipesan.  Ikan-ikan segar itu terdapat di area samping.

Rumah makan ini memiliki konsep minimalis sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan santai. Lokasinya terletak di Jalan Jendral Sudirman Nomor 85, Pinaesaan, Wenang, Kota Manado.

10. RM Miracle

Tempat sarapan di Manado selanjutnya yakni Rumah Makan Miracle di Jalan Pingkan Matindas, Dendengan Dalam, Kecamatan Paal Dua.

Di tempat ini, semua jenis makanan adalah halal. Menariknya, harga per porsi di tempat ini sangat murah karena hanya Rp15.000 per porsi. Itupun sudah gratis es teh dan sup serta pengunjung bisa menambah porsi nasi.

Itulah daftar 10 tempat sarapan di Manado yang cocok untuk mengawali hari dengan makan sehat. Selamat mencoba.

Topik Menarik