Guys, Begini Tips Memilih Jam Tangan Otomatis untuk Dikoleksi

Guys, Begini Tips Memilih Jam Tangan Otomatis untuk Dikoleksi

Terkini | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 16:10
share

JAM tangan memang menjadi salah satu item fashion bagi para pria. Biasanya pria tertarik untuk memakai jam tangan otomatis, lantaran bisa bertahan hingga puluhan tahun dan menjadi barang koleksi yang berharga jika Anda merawatnya dengan baik.

Jam tangan jenis ini disebut otomatis, karena dapat terus berjalan menggunakan energi kinetik lewat pergelangan tangan pemakainya. Energi ini disimpan dalam komponen rotor yang menggerakkan jam tangan secara mekanis.

Kurator Regan Harney Herman Zhou menjelaskan, hal yang harus diperhatikan saat memilih jam tangan kelas atas antara lain jenis bahan yang digunakan, seperti casing dan kaca, serta ketelitian kualitas dan detail pembuatannya.

“Pastikan uang yang Anda investasikan sepadan dengan keahlian dan fitur yang ditawarkan. Perhatikan juga reputasi merek dan pastikan memiliki garansi dan layanan purna jual yang baik untuk menjamin kepuasan dalam jangka panjang,” katanya.

Jam tangan otomatis juga berpotensi untuk dijadikan barang koleksi. “Seseorang bisa dikatakan kolektor jika ia benar-benar memahami seni di balik jam tangan, mengapresiasi proses pembuatan dan pengerjaannya,” jelas dia.

Mengacu pada individu yang memiliki selera sendiri dan tidak sekadar mengikuti tren atau memilih jam tangan karena pengaruh orang lain. Menurutnya, seorang kolektor sejati menghargai nilai dan sejarah setiap jam tangan yang dimilikinya, bukan sekadar untuk memamerkan statusnya.

Vincent Harney, direktur Regan Harney sebagai produsen jam tangan otomatis kelas atas lokal, menjelaskan bahwa perawatan jam tangan otomatis berbeda dengan jam tangan digital.

 

Pertama, jika jam tangan tidak digunakan lebih dari 44 jam dalam posisi terisi penuh, jam tangan akan mati. Namun, jam tangan akan otomatis dimulai ulang setelah memutar kenop, setelah memutarnya secara manual sebanyak 20 kali untuk mengisi daya jam tangan hingga penuh.

Kedua, untuk perawatan sehari-hari, pastikan jam tangan Anda selalu bersih dan hindari kontak keras karena dapat menyebabkan kerusakan. Ketiga, untuk perawatan bulanan, periksa apakah ada bagian yang perlu dibersihkan lebih teliti atau ada komponen yang perlu diperbaiki.

Sementara untuk perawatan tahunan, sebaiknya bawa jam tangan ke teknisi profesional untuk pemeriksaan dan perawatan menyeluruh guna menjaga performa dan keindahan jam tangan.

"Selain itu, sangat penting untuk mengacu pada manual yang diberikan setelah pembelian agar Anda memahami cara menggunakan dan merawatnya dengan benar," kata Vincent Harney. 

“Dengan perawatan yang tepat, jam tangan Anda akan tetap berfungsi dengan baik dan bertahan lama,” kata Vincent.

Topik Menarik