Tips Asupan Energi Sebelum Olahraga, Pilih Gula Rendah GI untuk Hasil Maksimal

Tips Asupan Energi Sebelum Olahraga, Pilih Gula Rendah GI untuk Hasil Maksimal

Terkini | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 16:03
share

Olahraga telah menjadi tren yang semakin diminati di berbagai kalangan, terutama anak muda. Melalui media sosial, banyak orang yang terinspirasi untuk memulai hidup sehat, termasuk mencoba berbagai jenis olahraga seperti lari, yoga, hingga latihan di gym.

Tahukah Anda bahwa asupan energi yang tepat sangat berpengaruh pada performa olahraga Anda? Memilih sumber energi yang tepat, khususnya gula dengan indeks glikemik (GI) rendah, dapat mendukung aktivitas fisik dan kesehatan tubuh.

Sebelum lebih jauh, kita bahas mengenai Gula Rendah GI dan Manfaatnya. Jenis gula ini memiliki daya cerna, serap, dan dimetabolisme lebih lambat, sehingga menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah dan insulin yang lebih stabil.

Ini sangat penting bagi para atlet atau mereka yang aktif berolahraga karena dapat membantu menjaga energi tetap stabil dan mencegah penurunan performa secara tiba-tiba.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa asupan makanan sebelum olahraga sangat menentukan performa. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan GI rendah energi akan dilepaskan secara bertahap, sehingga stamina dan daya tahan tubuh lebih terjaga.

Jennifer, ahli gizi yang menjadi narasumber dalam podcast Happy Health, mengatakan gula dengan GI rendah dapat memberikan pelepasan energi yang lebih berkelanjutan dan stabil. Ini sangat penting untuk para atlet seperti Momo Moriska, seorang model sekaligus sport lover yang aktif berlari dan sering membagikan tips kesehatan di media sosialnya.

Dengan asupan gula rendah GI, Momo dapat menjaga performa larinya tetap optimal tanpa merasa lemas atau kehabisan energi.

Bagi para sport lovers, memilih makanan yang tepat seperti buah-buahan (apel, berry), sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan bisa menjadi pilihan yang cerdas.

Sebagai contoh, sebelum latihan, Anda bisa mengonsumsi camilan sehat dengan gula rendah GI seperti snack yang menggunakan Gula Lontar. Selain memberikan rasa manis yang pas, gula ini juga lebih aman untuk menjaga kadar gula darah.

Topik Menarik