Daftar Wanita Terkaya di Dunia 2024, Ada yang Punya Harta Rp1.372 Triliun

Daftar Wanita Terkaya di Dunia 2024, Ada yang Punya Harta Rp1.372 Triliun

Terkini | okezone | Rabu, 25 September 2024 - 17:39
share

JAKARTA - Orang terkaya dunia masih didominasi laki-laki. Tapi ada juga wanita hebat yang masuk dalam daftar miliarder dunia.

Wanita terkaya dunia adalah Alice Walton. Dirinya memiliki kekayaan hingga Rp1.372 triliun.

Kemudian ada Bos L'Oreal, Francoise Bettencourt Meyers. Dirinya memiliki harta sampai Rp1.315 trilliun.

Wanita-wanita ini menjadi bukti bahwa kesuksesan dan kekayaan tidak memandang gender. Berikut daftar wanita terkaya di dunia versi Forbes 2024 yang sudah dirangkum oleh Okezone, Rabu (25/9/2024) :

1. Alice Walton

Alice Walton memiliki kekayaan sebesar USD91,1 miliar atau setara dengan Rp1.372 triliun (kurs Rp15.050 per USD). Alice merupakan chairwoman dari Crystal Bridges Museum of American Art di Bentonville, Arkansas. Museum ini dibuka pada tahun 2011 dan memamerkan koleksi dari Andy Warhol, Norman Rockwell dan Mark Roth

Alice merupakan putri dari Sam Walton, yaitu penemu supermarket Walmart. Tetapi Alice memilih jalur karir yang berbeda dengan dua saudaranya, Rob dan Jim, yang memilih untuk melanjutkan bekerja di Walmart, sementara Alice lebih fokus pada kurasi karya seni.

2. Francoise Bettencourt Meyers & family

Merupakan cucu dari penemu perusahaan L’Oreal dan merupakan ahli waris L’Oreal. Francoise sudah ikut menjabat di dewan direksi dimulai dari tahun 1997 dan menjadi ahli waris L’Oreal pada tahun 2017 setelah ibunya, Liliane Bettencourt meninggal dunia pada usia 96.

Selain L’oreal, Francoise juga menjadi presiden dari yayasan filantropi yang mendukung perkembangan sains dan seni di Perancis. Oleh karena itu kekayaan dari dua perusahaan tersebut terhitung mencapai sebesar USD87.5 miliar atau setara dengan Rp1,315 trilliun.

3. Julia Koch & family

Julia Koch dan ketiga anaknya mewarisi saham perusahaan Koch Industries sebesar 42. Julia Koch mendapat warisan dari mendiang suaminya yang wafat pada umur 79 di tahun 2019. Kekayaan Julia Koch dan anaknya terhitung mencapai USD74.2 mIliar atau serupa dengan Rp1,115 triliun. Kekayaan Julia Koch ditambah juga dengan kesepakatan mengakuisisi 15 dari saham Brooklyn Nets NBA dengan nilai USD700 juta atau Rp10,5 triliun.

Memiliki awal karir di bidang fashion, Julia bekerja menjadi asisten dari Adolfo, seorang desainer mode ternama pada 1980. Selama bekerja Julia bertemu dengan klien eksklusif termasuk Nancy Reagan, istri dari presiden Ronald Reagan.

4. Jacqueline Mars

Jacqueline adalah pemilih dari sepertiga perusahaan permen Mars. Bekerja sudah lebih dari 20 tahun dimulai dari tahun 2016. Perusahaan permen dan makanan hewan Mars yang terkenal dengan permen milky way, dibuka pada tahun 1911 oleh Frank dan Forrest Sr yaitu kakek dan ayah dari Jaqueline.

Sekarang Jacqueline adalah pemilik dari sepertiga perusahaan permen Mars. Bekerja sudah lebih dari 20 tahun dimulai dari tahun 2016. Kekayaan Jacqueline dari perusahaan Mars diperkirakan mencapai USD47.6 miliar atau setara dengan Rp716 triliun.

5. Savitri Jindal & family

Savitri merupakan pemimpin dari perusahaan Jindal Group. JIndal Group bergerak dalam bidang baja, listrik, semen dan infrastruktur. Pada saat mendiang suaminya meninggal, perusahaan terbagi menjadi 4, yang dibagikan dan dijalankan secara independen oleh putranya masing-masing. Aset perusahaan terbesar dipegang oleh putranya Sajjan Jindal yang mengawasi JSW Steel, JSW Cement, dan JSW Paints, serta banyak lagi.

Dengan memimpin perusahaan JIndal group, Savitri menjadi orang terkaya di India dan 36 terkaya di dunia. Savitri memiliki kekayaan sebesar USD44,2 miliar atau setara dengan Rp665 triliun.

Topik Menarik