Heboh! Arsip Instagram Hilang, Begini Cara Simpan Data ke Google Drive agar Aman

Heboh! Arsip Instagram Hilang, Begini Cara Simpan Data ke Google Drive agar Aman

Terkini | inews | Rabu, 25 September 2024 - 20:41
share

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah pengguna mengeluhkan arsip Instagram hilang. Keluhan ini ramai disuarakan di media sosial (medsos) oleh para pengguna.

Arsip Instagram mendadak hilang bagi para pengguna. Banyak pengguna yang mencurahkan isi hatinya di media sosial karena sedih tidak bisa memutar arsip lama mereka.

"Tau apa yang buat saya sedih? Arsip story IG kalian yang dibuat Juni 2021 ke belakang sudah tidak bisa di play. rumornya fitur arsip bakal dihapus sma pihak Instagram huhuhu," kata akun @Ija***

"Sedih banget @instagram sekarang udah mau hilangin fitur arsip. Banyak banget kenangan aku yang tersimpan di story arsip. Sengaja buat second IG tuh untuk simpan semua kenangan random yang gabisa di simpan di galeri karena ada batas memori," kata akun @uni***

Sementara itu, akun X @IndoPopBase mengunggah foto yang mengungkapkan 'this story is no longer available.' Unggahan tersebut tuh banjir komentar netizen.

"Mark Zuckerberg depresi," kata akun Sep

"Instagram ini suka banget disable fitur yang bagus-bagus," tutur akun @agne***

"No Anda memberikan informasi salah. Ini disebut masalah teknik," tutur akun @imm***

Penyebab Arsip Instagram Hilang

Sebenarnya, masalah arsip hilang pernah terjadi pada Juli 2024. Arsip hilang di sejumlah pengguna karena adanyamasalah teknis, sehingga tidak tersedia lagi.

"Kami menemukan dan memperbaiki bug yang menyebabkan highlight dan arsip Story beberapa orang terhapus. Sayangnya, kami tidak dapat memulihkan Stories tersebut dan kami akan memberi tahu orang-orang di aplikasi jika mereka terkena dampaknya," kata juru bicara Meta yang dikutip dari CNN.

Selain itu, Meta mengatakan layar hitam yang menampilkan pesan kesalahan akan hilang pada Juli 2025.

Cara Simpan Arsip Instagram ke Google Drive

Pengguna Instagram masih bisa menyelamatkan konten video dan foto arsip sebelum terhapus. Anda bisa memindahkan arsip ke Google Drive, sebagaimana dilansir dari Instagram.

  1. Masuk ke akun Instagram username dan password
  2. Buka menu Profil
  3. Tekan edit profil
  4. Gulir ke bawah, klik Personal Information Settings
  5. Pilih Your Information and Permissions
  6. Tekan Download Your Information
  7. Tekan Download or Transfer Information
  8. Pilih All available information
  9. Masuk ke menu dan pilih Transfer to Destination
  10. Pilih lokasi penyimpanan di menu Destination
  11. Pilih Google Drive dan tekan Next

Informasi yang menghubungkan Instagram dengan akun Google Drive akan muncul. Tekan Connect untuk menyelamatkan arsip Instagram ke Google Drive.

Topik Menarik