Update 15 Korban Tewas Longsor Tambang Emas Solok, 4 Dievakuasi 11 Masih Tertimbun

Update 15 Korban Tewas Longsor Tambang Emas Solok, 4 Dievakuasi 11 Masih Tertimbun

Terkini | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 16:42
share

SOLOK, iNews.id Sebanyak 15 orang tewas dalam insiden tanah longsor yang menimbun lubang bekas galian tambang emas di Nagari Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar). Empat jenazah berhasil dievakuasi, sementara 11 lainnya masih tertimbun.

Kepala BPBD Kabupaten Solok, Irwan Efendi mengatakan, longsor yang terjadi pada Kamis (26/9/2024) sore itu dipicu oleh intensitas hujan tinggi. Titik longsor, kata dia di lubang bekas galian tambang yang sudah lama ditinggalkan.

"Lokasi longsor berada pada lubang bekas galian tambang lama yang sudah ditinggalkan oleh penambang terdahulu," ujar Irwan, Jumat (27/9/2024).

Dia mengungkapkan, para korban merupakan warga sekitar yang sedang melakukan aktivitas pendulangan emas secara manual di lokasi tersebut. Saat kejadian, kata dia diperkirakan ada sekitar 25 orang yang terjebak di dalam lubang tambang.

Menurutnya, upaya evakuasi dan penyelamatan dilakukan sejak Jumat (27/9/2024) dini hari oleh masyarakat sekitar, aparat pemerintahan nagari dan tim gabungan. Mmedan yang sulit, berupa hutan dan minimnya sinyal komunikasi serta peralatan yang terbatas, menyulitkan proses pencarian.

"Dari proses evakuasi dan penyelamatan secara manual telah ditemukan 15 korban meninggal," ucapnya.

Topik Menarik