5 Destinasi Wisata Wonosobo, Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

5 Destinasi Wisata Wonosobo, Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Terkini | okezone | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 19:47
share

MEMASUKI akhir pekan jadi momen seru untuk liburan bareng keluarga. Ada banyak destinasi wisata yang menyenangkan dan pastinya masih di Indonesia aja. Salah satunya yang memesona dan patut masuk wishlist liburan akhir pekan ialah kota Wonosobo, Jawa Tengah. 

Tak cuma menyuguhkan pemandangan alam yang indah, Wonosobo juga memiliki sederet destinasi wisata yang menghibur. Tempat tersebut bisa jadi pilihan saat berlibur dengan sanak keluarga. 

Penasaran ada destinasi wisata apa saja yang ada di Wonosobo untuk akhir pekan? Berikut sederet rekomendasinya dilansir Republik Wisata.

Air Terjun Sikarim

Pertama ada destinasi wisata bertema alam yakni Air Terjun Sikarim. Air terjun ini juga bisa Anda kunjungi saat ke Wonosobo. Air terjun tersebut berlokasi di Sembungan, Wonosobo dan berada di antara Gunung Bisma dan Gunung Sikunir.

Untuk menikmati air terjun ini, pengunjung perlu berjalan kaki menyusuri hutan sebelum bisa dimanjakan dengan pemandangan curug yang indah. Destinasi ini juga terjaga kelestariannya dengan sejuknya udara dan hijaunya pemandangan di sekitar air terjun.

Destinasi wisata ini menyajikan pemandangan alam yang indah. Untuk tiket masuknya, Anda yang perlu merogoh kocek sebesar Rp10 ribu.

Kawah Sikidang

Selanjutnya ada Kawah Sikidang. Kawah ini merupakan destinasi wisata favorit bila Anda berkunjung ke Wonosobo. Destinasi ini berlokasi di Bakal Bantu, Dieng Kulon, Banjarnegara, Wonosobo. 

Tak cuma disuguhkan pemandangan kawah yang indah, pengunjung juga bisa menikmati area Candi Arjuna yang memesona. Kawah Sikidang buka pukul 07.30-16.30 WIB dengan harga tiket masuk Rp15 ribu saja.

Telaga Menjer

Destinasi lainnya ada Telaga Menjer. Di sini, Anda bisa melihat hamparan danau yang indah dengan view pepohonan menambah kesan sejuk dan menenangkan.

Di sini, Anda bisa menyewa perahu sembari menikmati indahnya kota Wonosobo. Adapun wisata pemancingan yang bisa jadi pilihan saat berkunjung ke Telaga Menjer.

Untuk menikmati area wisata ini, Telaga Menjer buka pukul 08.00-17.00 WIB. Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribu.

 

Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi juga patut Anda kunjungi saat ke Wonosobo. Kebun ini berlokasi di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.

Di destinasi ini, Anda bisa merasakan sejuknya udara yang bersih dan jauh dari polusi. Hamparan kebun teh yang asri akan memanjakan mata Anda dengan pesona keindahannya.

Anda juga bisa mengunjungi pabrik teh Tambi dan melihat proses pembuatan tehnya. Untuk menikmati wisata ini Anda hanya perlu merogoh kocek untuk tiket masuk sebesar Rp10 ribu.

Arum Jeram Serayu

Satu lagi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat di Wonosobo ialah Arum Jeram Serayu. Wisata satu ini cocok untuk Anda yang menyukai aktivitas yang menantang.

Tingkat kesulitan arum jeram di Serayu ini juga bervariatif, mulai dari grade 2-4 dan memiliki 30 jeram. Untuk bisa menikmati wisata ekstrem ini, Anda bisa merogoh kocek mulai dari Rp245 ribu per orang.

Topik Menarik