Agus Mansur: Media Massa Sebagai Garda Terdepan Informasi di Indonesia

Agus Mansur: Media Massa Sebagai Garda Terdepan Informasi di Indonesia

Terkini | tangsel.inews.id | Rabu, 9 Oktober 2024 - 22:40
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Startup platform media OnPers menjadi jembatan antara publik dan wartawan, serta memungkinkan wartawan untuk langsung terhubung dengan sumber berita. Selain itu, platform ini juga memberi kesempatan kepada publik untuk mengunggah berita secara mandiri.

Pendiri OnPers, Agus Mansur, menjelaskan bahwa konsep awal dari platform ini adalah sebagai penghubung antara publik dan wartawan. Meskipun saat ini sudah banyak platform media, belum ada yang memberikan akses langsung kepada publik untuk berinteraksi dengan wartawan. Oleh karena itu, OnPers hadir sebagai yang pertama di Indonesia dengan konsep tersebut.

"Industri media massa sedang menghadapi disrupsi digital. Maka, media ini hadir sebagai bentuk evolusi media massa yang tetap mengutamakan informasi faktual, terbaru, dan dapat dipertanggungjawabkan di tengah pesatnya perkembangan media sosial dan kecerdasan buatan (AI). Sehingga, media massa sebagai garda depan informasi di Indonesia tetap bisa terwujud," kata Agus di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Selain menjadi penghubung antara publik dan wartawan, Agus menambahkan bahwa platform ini juga memungkinkan publik untuk mengunggah berita sendiri atau mengirimkan agenda acara, terutama jika acara tersebut ditujukan untuk dihadiri oleh wartawan atau merupakan acara publik. Dengan demikian, publik memiliki kesempatan untuk mengunggah berita atau rilis yang nantinya dapat digunakan sebagai sumber berita oleh wartawan.

"Platform ini menggabungkan elemen media massa dan media sosial. Di tengah pesatnya pertumbuhan media sosial, di mana semua orang bebas berpendapat, sering kali muncul berita hoaks karena kurangnya penyaringan. Dengan hadirnya platform ini, publik tetap bisa menyampaikan pendapat atau informasi yang dapat dipertanggungjawabkan keakuratan data dan kebenarannya," jelas Agus. 

Topik Menarik