Unsur Pimpinan DPRD Kaltim Dilantik, Hasanuddin Mas'ud Jabat Ketua

Unsur Pimpinan DPRD Kaltim Dilantik, Hasanuddin Mas'ud Jabat Ketua

Terkini | kutai.inews.id | Kamis, 10 Oktober 2024 - 21:20
share

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Empat unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim masa jabatan 2024-2029 resmi dilantik, Kamis (10/10/2024).

Politikus Partai Golkar, Hasanuddin Mas'ud ditunjuk sebagai Ketua DPRD Kaltim. Sementara Wakil Ketua I dijabat Ekti Imanuel dari Fraksi Gerindra; Wakil Ketua II Ananda Emira Moeis dari Fraksi dari Fraksi PDI Perjuangan, dan Yeny Eviliana dari Fraksi PKB menjabat Wakil Ketua III.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan dalam Rapat Paripurna ke-4 di Gedung B DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar.

Hasanuddin Mas'ud dalam sambutannya menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kinerja DPRD dalam memenuhi kewajiban sebagai wakil rakyat. 

"Kami akan berupaya mempercepat produktivitas kerja, dan memastikan DPRD berperan sebagai lembaga yang kritis dan politis dalam mengawal pemerintahan serta pembangunan yang transparan dan akuntabel," kata.

Dia juga mengajak seluruh legislator dan mitra pemerintahan untuk bekerja sama dalam memajukan Kaltim dengan mengedepankan kepentingan masyarakat. 

"Dengan semangat kebersamaan dan kolaborasi yang kuat, kita yakin dapat menghadapi tantangan yang ada dan mewujudkan visi pembangunan yang berdampak langsung bagi kesejahteraan rakyat Kalimantan Timur," tambahnya.

Sementara Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik berharap pimpinan baru DPRD Kaltim mampu menjalankan tugas dengan penuh integritas dan tanggung jawab, demi kesejahteraan masyarakat.

"DPRD sebagai mitra strategis pemerintah diharapkan dapat berperan aktif dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang transparan dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat," kata Akmal Malik.

Pj Gubernur juga menekankan pentingnya sinergi antara DPRD dengan Pemprov dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan. Ia juga berharap DPRD dapat berperan maksimal dalam mengawal pelaksanaan Pilkada serentak 2024 yang akan berlangsung pada akhir tahun ini.

Topik Menarik