Terapi Bacaan Alquran Menyehatkan Tubuh, Ilmu Sains Temukan Buktinya

Terapi Bacaan Alquran Menyehatkan Tubuh, Ilmu Sains Temukan Buktinya

Terkini | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 07:01
share

TERAPI bacaan Alquran ternyata bisa menyehatkan tubuh manusia, ilmu sains pun menemukan buktinya. Keajaiban lantunan Alquran terbukti secara ilmiah, terungkap bahwa efeknya positif untuk kesehatan para pendengarnya. 

Hal itu berdasarkan sebuah penelitian ilmiah "Efek Terapi Membaca Alquran: Sebuah Studi Ilmiah" yang dilakukan oleh Dr Ahmed Al-Qadhi di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa perubahan fisiologis terjadi pada sistem saraf otak dari sampel pasien yang mendengarkan pembacaan Alquran ketika dipantau oleh sistem yang sangat canggih di klinik yang terletak di Panama City, Florida.

Studi ini melakukan 120 eksperimen pada 5 relawan dari 2 jenis kelamin, kelompok usia yang berbeda, yang non-Muslim, dan tidak mengerti bahasa Arab. Percobaan yang dilakukan juga melibatkan pembacaan ayat-ayat Alquran bersama dengan teks Arab biasa. 

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8xMS8xLzE4NTk2NC8zL19QYWlLeDV5Sjk0" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div> 

Dilansir Every Muslim, para objek percobaan tidak bisa membedakan antara bacaan Alquran dan teks Arab biasa. Namun, percobaan yang dilakukan oleh Dr Ahmed Al-Qadhi membuktikan bahwa ada 97 persen efek positif pada subjek percobaan yang mendengarkan bacaan dari Alquran dibandingkan dengan yang hanya mendengarkan teks Arab biasa.

Hal ini membuktikan bahwa mendengarkan Alquran bisa menjadi obat, sesuai dengan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam Alquran Surat Al-Isra Ayat 82:

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلْقُرْءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya: "Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." 

Topik Menarik