Mengenal Greater Bay Area, Destinasi Wisata yang Lagi Hits Incaran Wisatawan di Hong Kong

Mengenal Greater Bay Area, Destinasi Wisata yang Lagi Hits Incaran Wisatawan di Hong Kong

Travel | inews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 17:45
share

JAKARTA, iNews.id - Pariwisata Tiongkok belakangan ini mengalami peningkatan. Bahkan, minat wisatawan Indonesia berkunjung ke Tiongkok semakin meningkat.

Salah satu destinasi yang kini tengah menarik perhatian wisatawan Indonesia adalah Greater Bay Area. Greater Bay Area mencakup Guangdong - Hong Kong - Macao yang merupakan wilayah teluk terbesar dan paling pesat perkembangannya di dunia. 

Dengan jumlah penduduk lebih dari 86 juta jiwa dan luas wilayah lebih dari 56.000 km2, GBA terdiri atas dua Daerah Administratif Khusus di Hong Kong dan Macao, serta sembilan kotamadya yaitu Guangzhou, Shenzhen, Zhuhai, Foshan, Huizhou, Dongguan, Zhongshan, Jiangmen, dan Zhaoqing di Provinsi Guangdong.

Wilayah ini juga direncanakan oleh pemerintah Tiongkok sebagai wilayah ekonomi terpadu yang bertujuan untuk mengambil peran utama secara global pada perkiraan tahun 2035.

Meningkatnya minat wisatawan liburan ke Greatera Bay Area pun mendapat perhatian dari Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo). Berkolaborasi dengan pemerintah Hongkong, Astindo mengadakan serangkaian event untuk para pelancong agar lebih mengenal lebih dalam tentang ‘Greater Bay Area (GBA)’

Pauline Suharno selaku Ketua Umum Astindo mengatakan, seiring dengan meningkatnya minat masyarakat Indonesia untuk berkunjung ke Tiongkok, dia membantu rekan travel agent yang mendukung program pariwisata Greater Bay Area dengan membuat aneka produk tour ataupun package secara spesifik di Greater Bay Area tersebut.

Lebih lanjut Pauline menjelaskan, paket-paket tersebut nantinya mengakomodir permintaan lain seperti tiket penerbangan, hotel, tiket masuk menuju atraksi-atraksi hebat di kota-kota kawasan Teluk tersebut, dan tiket kereta/ferry dan transport penghubung antar kota-kota," kata Pauline melalui keterangannya.

Sementara itu, Becky IP, deputy executive director, Hong Kong Tourism Board mengatakan, kolaborasi ini merupakan bukti komitmen untuk membuka pintu bagi wisatawan Indonesia mengunjungi GBA, serta membina kemitraan jangka panjang yang menguntungkan dengan para mitra bisnis di Indonesia. "Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat meningkatkan pemahaman konsumen mengenai Greater Bay Area, yang akan mendorong permintaan perjalanan ke kawasan tersebut dari Indonesia," kata Becky.

Lantas, apa saja atraksi menarik yang dapat dijelajahi wisatawan di Greater Bay Area? Berikut ulasannya.

1. Guangzhou

Guangzhou tak hanya memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang menarik untuk dieksplorasi, kota yang dijuluki Flower City ini merupakan surga bagi para pencinta kuliner. Setidaknya terdapat lebih dari 30.000 restoran yang tersebar di Guangzhou untuk memanjakan lidah Anda. Pilihan menunya pun sangat bervariasi, mulai dari masakan asli Kanton hingga kuliner internasional seperti Italian food bisa ditemukan di sini.

2. Foshan

Foshan dikenal sebagai tempat lahirnya seni keramik, opera, kanton, dan seni bela diri. Kawasan ini menawarkan suasana vibran yang menawan dengan energi yang dinamis. Sebagai kota terbesar ketiga di Guangdong, Foshan dapat menjadi destinasi pilihan bagi wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman perjalanan modern dengan perpaduan unsur vintage.

3. Shenzen

Sebagai zona ekonomi khusus pertama di Tiongkok, Shenzen telah lama menjadi tujuan wisata. Iklim dan pemandangan pantai hingga di kota ini begitu memukau dan sayang untuk dilewatkan. Shenzen bahkan masuk dalam daftar 31 destinasi yang wajib dikunjungi oleh The New York Times. Wisatawan dapat menikmati garis pantai sepanjang 271 km dengan pasar putih yang halus dan lembut. Tak hanya itu, Shenzen juga menawarkan suasana kota metropolitan yang dinamis dengan beragam atraksi budaya. Kota ini juga sangat direkomendasikan bagi para shopaholic karena banyak sekali butik dan pusat perbelanjaan yang dapat Anda sambangi.

Topik Menarik