Mahasiswa dan Pelajar Tanam Ratusan Pohon Mangrove di Pantai Cikujang

Mahasiswa dan Pelajar Tanam Ratusan Pohon Mangrove di Pantai Cikujang

Terkini | banten.inews.id | Minggu, 20 Oktober 2024 - 18:50
share

PANDEGLANG, iNewsBanten - Puluhan mahasiswa dan pelajar melakukan penanaman 500 bibit pohon mangrove di Pantai Cikujang, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Kegiatan ini diinisiasi oleh Mahasiswa Penjelajah Alam Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Mapalaut) bersama Sispala se-Pandeglang.

 

Ketua umum Mapalaut, Sani Thalita menyampaikan, bahwa penanaman pohon mangrove di pesisir pantai memiliki beragam manfaat. Minggu, (20/10/24).

 

"Pohon mangrove memiliki beragam manfaat, yakni untuk mencegah abrasi, selain itu bisa menjadikan ekosistem yang ada di pesisir pantai itu sendiri, apalagi di pantai selatan dikenal memiliki ombak yang cukup besar," ucapnya.

 

Sebelum melakukan penanaman pohon mangrove, para pelajar juga diberikan edukasi tentang beragam manfaat dan fungsi pohon mangrove bagi lingkungan dan kehidupan.

 

"Tentunya kita juga ada agenda lain, seperti operasi bersih sampah di pesisir pantai, dan juga diskusi mengenai pentingnya menanam mangrove," tegasnya.

 

Nantinya setelah kegiatan ini, akan ada kegiatan monitoring untuk memastikan pohon mangrove yang di tanam bisa bertumbuh dengan baik.

 

Sementara itu, salah satu pelajar dari MAN 4 Pandeglang, Tiara Ramadani sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mengingat ini pertama kalinya mengikuti aksi penanaman pohon mangrove.

 

"Saya berharap, kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut, mengingat pohon mangrove memiliki peranan yang sangat penting dalam kelestarian alam di pesisir pantai," tegasnya, yang juga anggota Sispala Giri Raksa.

 

Aksi ini dilakukan untuk memperingati hari jadi ke-40 Mahasiswa Penjelajah Alam Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau Mapalaut sekaligus menjaga kelestarian alam.

Topik Menarik