Kapal Tanker MT Al Derwazah Diduga Diserang Perompak di Perairan Batam

Kapal Tanker MT Al Derwazah Diduga Diserang Perompak di Perairan Batam

Terkini | batam.inews.id | Rabu, 23 Oktober 2024 - 12:00
share

BATAM, iNewsBatam.id - Kapal super tanker MT Al Derwazah berbendera Kuwait diduga menjadi sasaran perompak saat melintas di perairan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau pada Rabu (23/10/2024) pukul 01.30 WIB.

Direktur Polairud Polda Kepri, Kombes Pol Trisno Eko Santoso, mengungkapkan bahwa kejadian ini diketahui setelah pihaknya menerima laporan dari Batam Vessel Traffic Service (VTS). Merespons informasi tersebut, Polairud Polda Kepri segera mengirimkan tim ke lokasi.

"Kami langsung menuju Perairan Batu Ampar dan menemukan kapal AL Derwazah seperti yang dilaporkan," ujarnya saat dikonfirmasi.

Saat ditemukan, kapal tersebut masih dalam keadaan berjalan. Kombes Trisno menyebutkan bahwa kapal Baharkam Mabes Polri sudah berada di lokasi terlebih dahulu karena lebih dekat.

Setelah berinteraksi dengan kru kapal, mereka menyatakan bahwa perompak yang terlibat berjumlah satu orang. Kejadian tersebut berlangsung saat kapal sedang berlayar, di mana perompak mendekati kapal dan naik ke atas.

"Kru kapal menyebutkan perompak tersebut membawa tali untuk mengikat, namun ketika ditemukan, dia sudah tidak terikat dan hanya menunjukkan tali tersebut," kata Kombes Trisno.

Kru kapal melaporkan bahwa satu-satunya barang yang hilang adalah handphone, dan mereka tidak mengalami luka-luka. "Perompak tersebut sudah pergi, hanya ada satu orang yang naik, sementara jumlah ABK cukup banyak di kapal," tambahnya.

Kombes Trisno juga menyebutkan bahwa mereka tidak dapat mengakses rekaman CCTV karena kru menolak untuk memperlihatkannya dan menolak untuk membuat laporan resmi.

Setelah memastikan keamanan kru, kapal MT Al Derwazah melanjutkan pelayarannya menuju China.

Topik Menarik