3 Fakta Jokowi Pakai Innova Zenix seperti Paus Fransiskus, Buat Penyamaran

3 Fakta Jokowi Pakai Innova Zenix seperti Paus Fransiskus, Buat Penyamaran

Berita Utama | okezone | Jum'at, 6 September 2024 - 06:50
share

JAKARTA - Beredar foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan Toyota Innova Zenix berwarna hitam. Mobil tersebut melintas dengan iring-iringan pengawalan di salah satu jalan Jakarta dengan menggunakan pelat nomor RI-1.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana membenarkan, mobil tersebut digunakan Presiden Jokowi. 

"Iya betul sekali, Itu kendaraan Bapak," kata Yusuf saat dikonfirmasi, Kamis 5 September 2024.

Berikut fakta-faktanya:

1. Heboh Mirip Paus Fransiskus

Foto Jokowi naik mobil Innova menghebohkan lantaran bertepatan dengan sikap kesederhanaan yang ditunjukan Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus selama di Indonesia. Paus memilih naik mobil sipil yakni, Innova Zenix selama berada di Indonesia.

2. Penyamaran

Presiden menggunakan mobil sipil seperti Innova Zenix ternyata untuk incognito atau penyamaran. Hal itu kerap dilakukan untuk kegiatan-kegiatan tertentu demi keamanan Presiden.

"Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, sering sekali beliau menggunakan kendaraan innova," ujar Yusuf.

 

Selain Innova, kata Yusuf, Jokowi juga beberapa kali menggunakan mobil Toyota Fortuner saat kunjungan kerja ke daerah. "Fortuner juga sering digunakan saat Kunker ketika medannya berat. Artinya berganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan," ungkapnya.

3. Paspampres Tetap Perketat Pengawalan

Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin mengatakan, meski Jokowi memakai mobil Innova, Paspampres tetap memperketat pengamanan.

"Terkait sisi keamanan, tidak ada masalah bagi kami. Paspampres sudah memperketat pengamanan terhadap presiden dengan berkoordinasi dengan pasukan pengamanan wilayah. Dengan menepatkan pasukan pengamanan di sepanjang rute perjalanan presiden," kata Achiruddin.

"Secara SOP akan kami laksanakan pengamanan terhadap presiden secara maksimal dan berlapis, serta dengan perhitungan yang matang. Serta kami akan mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi," imbuhnya.
 

Topik Menarik