Para Ahli Temukan 2 Titik Usia Manusia yang Alami Penuaan Lebih Cepat

Para Ahli Temukan 2 Titik Usia Manusia yang Alami Penuaan Lebih Cepat

Berita Utama | okezone | Jum'at, 13 September 2024 - 11:00
share

PENUAAN adalah proses alami yang terjadi secara bertahap. Namun penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ada dua titik penting dalam hidup di mana penuaan mengalami percepatan signifikan, yaitu pada usia 44 dan 60 tahun.

Studi yang diterbitkan dalam Nature Ageing oleh Universitas Stanford dan Universitas Teknologi Nanyang menunjukkan bahwa pada usia-usia ini, penurunan kualitas protein dan efektivitas metabolisme mempercepat penuaan. Penelitian ini melibatkan 108 peserta berusia 25 hingga 75 tahun.

Penelitian ini menunjukkan bahwa pada usia 44 tahun, terjadi penurunan dalam kemampuan metabolisme, termasuk pemrosesan kafein dan alkohol.

“Kami menemukan bahwa sebagian besar molekul yang kami lacak mengalami penuaan yang dipercepat ketika subjek berusia 44 tahun," kata asisten profesor kedokteran mikrobioma di Nanyang Technological University, Shen Xiaotao, melansir dari SCMP, Jumat (13/9/2024).

 

Penurunan kualitas protein juga menjadi lebih signifikan pada usia 60 tahun, dengan dampak pada kekuatan dan kekencangan jaringan tubuh.

“Penuaan pada usia 60 tahun menunjukkan penurunan kualitas protein yang lebih signifikan,” tutur Shen.

Penelitian ini mengungkap bahwa penuaan tidak terjadi secara bertahap, melainkan dipercepat pada usia-usia tersebut,

“Kita tidak menjadi tua secara bertahap,” kata Shen.

Temuan ini membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang -omik untuk memahami penuaan lebih dalam.

Topik Menarik